5 Destinasi Wisata Bangunan Yang Sangat Bersejarah di Semarang

5 Destinasi Wisata Bangunan Yang Sangat Bersejarah di Semarang – Kota Semarang terkenal dengan tempat-tempat bersejarahnya. Bahkan bangunan bersejarah tersebut sudah terkenal di masyarakat dan menjadi salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi.

5 Destinasi Wisata Bangunan Yang Sangat Bersejarah di Semarang

Meski bisa melakukan berbagai wisata di Kota Semarang, wisata ke bangunan bersejarah juga tak kalah menariknya. Berikut lima saran wisata bangunan bersejarah di Semarang yang bisa Anda kunjungi. Ayo dengarkan!

1. Lawang Sewu

Awalnya, Lawang Sewu adalah kantor pusat perusahaan kereta api swasta bernama Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij. Pada tahun 1946, gedung ini digunakan sebagai markas tentara Belanda. Bangunan ini memiliki banyak pintu dan jendela, sehingga dinamakan lawang sewu yang artinya seribu pintu.

Saat ini Lawang Sewu dijadikan sebagai tempat wisata sejarah dan sudah menjadi salah satu tempat wisata terkenal di Indonesia. Bagi yang ingin berkunjung, Lawang Sewu terletak di Jl. Pemuda, salju, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

2. Soesmans Kantoor

Nama resmi tempat ini adalah Borsumij Wehry Indonesia. Hingga tahun 1998, gedung ini digunakan sebagai gedung perkantoran untuk perusahaan import dan ekspor kuda, dan diberi nama “Soesmans & Co” penyedia jasa perkebunan karet dan pertambangan.

Tempat ini terletak di kota lama Semarang. Gedung Soesmans Kantoor saat ini sering digunakan sebagai tempat acara dan lokasi syuting.

Saat ini, bangunan tersebut telah direnovasi, yang memungkinkan bangunan tersebut dirawat dengan lebih baik, tetapi konsep asli bangunan tersebut belum dihilangkan.

3. Museum Mandala Bhakti

Museum Mandala Bhakti, juga dikenal sebagai Museum Perjuangan TNI. Di museum ini terdapat berbagai macam senjata yang digunakan tentara untuk memperjuangkan kemerdekaan.

Di museum ini, Anda juga bisa menemukan cerita sejarah lengkap tentang pertempuran Tentara Nasional Indonesia. Museum yang berlokasi berlokasi di Jl. Unika Soegijapranata no 1, Barusari, kec. Semarang Selatan, Semarang, Jawa Tengah.

4. Stasiun Tawang

Stasiun Tawang dibangun oleh perusahaan Belanda Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij. Stasiun ini merupakan perpanjangan dari Stasiun Semarang yang mana Stasiun Semarang banyak digunakan untuk angkutan penumpang, sedangkan Stasiun Semarang digunakan sebagai stasiun bongkar muat barang.

Stasiun Tawang merupakan stasiun kereta api utama dan terbesar di Kota Semarang. Stasiun ini lengkap, rapi, dan sangat nyaman untuk digunakan penumpang.

Lokasi Stasiun Tawang berada di Jalan Tawang no 1, Tanjung Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang Jawa Tengah.

5. Gedung Marba

Gedung Marba masih berada di Kota Tua dan merupakan salah satu bangunan bersejarah di Kota Tua. Awalnya, gedung ini digunakan sebagai kantor transportasi dan ekspedisi. Hingga kini, Gedung Marba masih kokoh dan diperkirakan memiliki sejarah 100 tahun. Sayangnya, bangunan tersebut tidak terawat dengan baik. Tapi orang tahu kalau bangunan ini adalah simbol kota tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *