Berikut Beberapa Pengertian Jenis – Jenis Pariwisata

Berikut Beberapa Pengertian Jenis – Jenis Pariwisata

702266.– Setiap orang akan memiliki preferensi wisata sendiri-sendiri. Ada yang suka berwisata ke alam, ada yang suka belanja, ada yang suka wisata sejarah dan lain sebagainya. Indonesia yang sangat kaya destinasi, memang memiliki pilihan wisata yang sangat beragam. Nah, apa saja jenis pariwisata yang perlu kita tahu, berikut ini penjelasannya:

bagi Pendit( 1994), pariwisata bisa dibedakan menurut corak turis buat mendatangi sebuah tempat. Masing – masing pariwisata itu merupakan sebagai berikut.

1. Wisata Budaya

Ialah perjalanan yang dilakukan atas dasar kemauan buat meluaskan pemikiran hidup seorang dengan jalan melangsungkan kunjungan ataupun pemantauan ketempat lain ataupun ke luar negara, menekuni kondisi orang, kerutinan adat istiadat mereka, cara hidup mereka, adat serta seni mereka. Bersamaan perjalanan serupa ini disatukan dengan kesempatan–kesempatan mengambil bagian dalam kegiatan–kegiatan adat, semacam eksposisi seni (seni tari, seni drama, seni musik, dan seni suara), atau kegiatan yang bermotif kesejarahan dan sebagainya.

2. Wisata Maritim atau Bahari

Jenis Wisata ini banyak berhubungan dengan aktivitas olah tubuh di air, lebih–lebih di situ,pantai , teluk, ataupun laut semacam memancing, melaut, menyelam sembari melaksanakan opname, pertandingan berselancar, pacuan mendayung, melihat–lihat taman laut dengan pemandangan alam indah di bawah permukaan air dan bermacam tamasya perairan yang banyak dilakukan didaerah–daerah ataupun negara–negara maritim, di Laut Karibia, Hawaii, Tahiti, Fiji serta serupanya.

3. Wisata Cagar Alam (Taman Konservasi)

Untuk jenis wisata ini biasanya banyak diselenggarakan oleh agen atau biro perjalanan yang mengkhususkan usaha–usaha dengan jalan mengatur wisata ke tempat atau daerah cagar alam, taman lindung, hutan daerah pegunungan dan sebagainya yang kelestariannya dilindungi oleh undang–undang. Wisata cagar alam ini banyak dilakukan oleh para penggemar dan pecinta alam dalam kaitannya dengan kegemaran memotret binatang atau marga satwa serta pepohonan kembang beraneka warna yang memang mendapat perlindungan dari pemerintah dan masyarakat.

4. Wisata Pertanian (Agrowisata)

Sebagai halnya wisata industri, wisata pertanian ini adalah pengorganisasian perjalanan yang dilakukan ke proyek–proyek pertanian, perkebunan, ladang pembibitan dan sebagainya dimana wisatawan rombongan dapat mengadakan kunjungan dan peninjauan untuk tujuan studi maupun melihat–lihat keliling sambil menikmati segarnya tanaman beraneka warna dan suburnya pembibitan berbagai jenis sayur–mayur dan palawija di sekitar perkebunan yang dikunjungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *