Fenomena Alam Yang Bikin Sungai Kampar Mendunia

Fenomena Alam Yang Bikin Sungai Kampar Mendunia Berselancar (surfing) lazimnya ditunaikan di pantai. Namun hanya di Indonesia, berselancar sanggup ditunaikan di sungai. Bahkan ada salah satu sungai di Indonesia yang jadi incaran para peselancar dunia.

Sungai yang satu ini memang berlainan dan privat sebab mempunyai ombak layaknya pantai. Sungai ini apalagi fenomenal dengan gelombang dahsyatnya yang sanggup “ditunggangi” para peselancar handal.

Sungai yang dimaksud adalah Sungai Kampar yang terkandung di Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Sungai Kampar jadi benar-benar privat dan populer terutama di kalangan wisatawan dan peselancar sebab mempunyai Gelombang Bono.

Bono adalah fenomena alam yang muncul akibat bertemunya arus pasang air laut dengan arus pasang air sungai. Fenomena ini hanya terjadi pada waktu tertentu, yaitu waktu bulan purnama atau penduduk setempat menyebutnya sebagai bulan besar.
Pasang Bola
Bulan purnama terjadi setiap tanggal 10-20 dalam perhitungan bulan Melayu (Arab) atau pada kisaran bulan Agustus-Desember. Sementara waktu bulan kecil (musim pasang mati), Bono nyaris tidak ada. Bono dikenal terhitung dengan sebutan gelombang tujuh hantu (seven ghosts) sebab gelombang yang dihasilkan sanggup mencapai tujuh lapis berurutan. Menariknya lagi, gelombang Bono muncul dalam durasi waktu yang lama sanggup sampai 2 jam.

Gelombang Bono di Sungai Kampar pertama kali ditemukan oleh lebih dari satu peselancar internasional asal Prancis dan Brazil. Sejak itu, Sungai Kampar kian dilirik banyak peselancar nasional dan internasional. Banyak yang sengaja mampir ke tempat ini hanya untuk menjajal Bono.

Pada 2013, Bono sempat pula jadi sorotan dunia sebab Sungai Kampar dijadikan lokasi pemecahan rekor berselancar terlama dan terpanjang kelas internasional untuk Guinness World Records. Keren! Tertarik jadi saksi langsung fenomena Bono, Dreamers?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *