Keindahan Pantiai Clugup Asri Malang

Keindahan Pantiai Clugup Asri Malang

Di kalangan pencinta pantai, Pantai Clungkup kurang terkenal sebagai pantai wisata. Kondisi ini sebabkan pantai ini relatif sepi dari pengunjung. Hal ini justru menguntungkan. Karena bersama pengunjung yang sepi, pantai jadi lebih yang asri.

Pantai jadi selamanya indah dan bersih dari sampah wisatawan. Jika pun ada sebagian potong sampah, itu adalah sampah alami berbentuk serpihan kayu dan ranting pohon yang terdampar terbawa ombak.

Pantai Clungup, walaupun terletak di sisi selatan pulau jawa, tidak punya ombak besar, seperti umumnya pantai di laut selatan. Pantai ini punya ombak yang cukup tenang. Setidaknya hingga 500 m ke sedang laut, ombak selamanya tenang. Hal ini sebab pantai terlindung oleh sebagian pulau kecil di depan pantai.

Pantai Clungup menyatu bersama Pantai Gatra bersama karang-karang yang unik di sebelah selatan. Ketika surut Pengunjung sanggup menuju Pantai Gatra melalui ‘lautan’ pasir Clungup. ‘Lautan pasir’ inilah yang jadi batas pada Clungup sisi barat dan timur.

Keindahan Pantaio Clugup Asri Malang

Keberadaan tiga pulau kecil dan karang-karang, tidak hanya berdampak terhadap ombak yang tenang. Keberadaan pulau-pulau itu terhitung mempercantik panorama pantai ini. Komposisi alam tertib di dalam harmoni yang indah. Kombinasi pada perbukitan, kebun masyarakat dan lebatnya hutan bakau, bagai komposisi warna di dalam makeup di muka seorang gadis manis.

Pantai Clungup adalah tidak benar satu pantai di Kabupaten Malang yang tetap terhitung pantai baru. Terletak di pinggir Samudera Indonesia, tepatnya di Desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Pantai Clungup terletak 72 km dari Kota Malang. Untuk hingga ke pantai ini, setidaknya memerlukan sementara kurang lebih 2 jam memanfaatkan kendaraan bermotor.

Rute ke pantai Clungup, sama bersama Rute ke Goa Cina. Perjalanan sanggup di awali bersama ke arah Turen hingga bertemu papan wejangan arah pantai di sebuah pertigaan. Dari pertigaan tersebut, ambil arah ke kiri ke Pantai Sendang Biru. Berjalan terus hingga mendapatkan papan wejangan jalur ke Pantai Clungup.

Ikuti wejangan selanjutnya hingga hingga di sebuah desa area kantor Clungup Mangrove Conservation. Dari sini, pengunjung wajib terjadi kaki kira-kira 1 km untuk menuju lokasi.

Rute alternatif terhitung sanggup lewat Pantai Balekambang. Dari Kota Malang ke Gondanglegi, lantas melanjutkan perjalanan ke Bantur hingga hingga di perempatan sebelum akan masuk Balekambang. Belok kiri, ikuti terus Jalan Lintas Selatan selanjutnya hingga hingga di depan Clungup Mangrove Conservation.

Sebagai pantai yang tergolong sepi, Clungup tidaklah sediakan layanan selengkap seperti pantai yang lebih terkenal dikunjungi di Kabupaten Malang.

Jika beruntung, pengunjung sanggup menyewa perahu nelayan yang berlabuh. Perahu yang disewa sanggup dimanfaatkan untuk penjelajahan, snorkeling atau scuba diving. DI pantai Clungup telah ada layanan penyewaan perlengkapan Snorkeling. Sedangkan untuk Diving, pengunjung tetap wajib mempunyai sendiri.

Fasilitas penunjang publik yang ada adalah area parkir dan area berkemah yang cukup luas. Areal perkemahan ditambah bersama toilet dan juga tungku api. Mengingat tidak ada penjaja makanan, pengunjung wajib mempunyai bekal makanan dari luar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *