Museum Mpu Tantular Menengok Ribuan Koleksi Benda Bersejarah

Museum Mpu Tantular Menengok Ribuan Koleksi Benda Bersejarah  РTak lengkap rasanya terkecuali jalan-jalan di Jawa Timur tak berkunjung ke museum.Taruhan Bola Salah satu wisata museum yang bisa Anda mempertimbangkan untuk kunjungi yakni Museum Empu Tantular atau Mpu Tantular yang kini berada di Sidoarjo.

Museum ini dikelola Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Timur. Museum yang simpan ribuan koleksi yang terbanyak benda purbakala ini diresmikan pemerintah terhadap 25 Juli 1937.

Museum Mpu Tantular menaruh koleksi beraneka sumber sejarah, merasa dari lukisan-lukisan hingga emas yang dibuat sejak zaman purbakala, abad pertengahan dan lainnya. Museum itu kini berlokasi di Jalan Raya Buduran, Kecamatan Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur.

Mengutip buku Jalan-Jalan Surabaya, Enaknya Ke Mana? Karya Yusak Anshori dan Adi Kusrianto, museum ini memiliki sembilan koleksi yang dipamerkan melalui bidang arkeologika, numismatika atau museum keuangan, geologika, biologika, seni rupa, etnografika, historika, filogika, dan iptek.

Melansir beraneka sumber, di di dalam museum, terdapat macam-macam anggota dan tempat, andaikan saja aula. Aula di Museum Mpu Tantular sering disewakan kepada penduduk umum yang ingin pakai aula tersebut.

Selain itu, tersedia terhitung kendaraan-kendaraan zaman pernah yang dipamerkan. Tersedia terhitung area pameran yang perlihatkan koleksi dari zaman pra sejarah yakni zaman Kerajaan Majapahit, layaknya duit kuno, fosil, hingga kisah dari Kerajaan Majapahit itu sendiri.

Salanjutnya, tersedia pula galeri Von Faber, nama galeri selanjutnya diambil dari pendiri sekaligus pengelola awal Stedelijk Historisch Museum Soerabaia yang merupakan cikal dapat dari Museum Mpu Tantular Jawa Timur terhadap 1933. Godfried Hariowald Von Faber adalah pria warga Surabaya yang berketurunan Negara Jerman.

Di galeri Von Faber, terdapat aneka busana pengantin tradisional khas Surabaya Pegon, Ponorogo, Banyuwangi, Sumenep, dan daerah sekitarnya. Pada anggota lainnya, terpampang batik tulis, ragam alat tempat tinggal tangga, topeng-topeng, alat pertukangan, dan alat pertanian jaman dulu.

Koleksi Empu Tantular mencapai ribuan. Koleksi terbanyak adalah benda purbakala dari zaman Paleolithicum dan Neolithicum layaknya tengkorak manusia purba (pithecantropus erectur), fosil gading gajah, fosil kepala kerbau, fosil kepala buaya, dan sebagainya.

Di daerah lain bisa muncul ranjang kayu antik bersama ukiran-ukirannya yang indah. Di sisi selanjutnya, tersedia daerah yang bisa digunakan para tamu untuk sekadar beristirahat yakni di gazebo-gazebo yang sudah disajikan oleh pihak pengelola museum.

Untuk tamu yang masih anak-anak, mereka bisa bermain di arena permainan yang berada dekat bersama loket. Diberikannya fasilitas area bermain memicu anak tidak bosan terkecuali hanya melihat koleksi sejarah museum.

Pada awalnya, Museum Mpu Tantular berlokasi di daerah Surabaya, Jawa Timur. Namun, sebab kuantitas koleksi yang makin lama banyak dan meningkat, lokasi museum pun dipindahkan ke alamat museum itu kini berada.

Jam operasional Museum Mpu Tantular yakni Selasa-Kamis buka pukul 08.00-15.00 WIB, dan Jumat-Minggu buka pukul 08.00-13.30 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *