Segarnya Kebun Teh Sukawana Di Lembang

Segarnya Kebun Teh Sukawana Di Lembang – Perjalanan ke kebun teh Sukawana Lembang ini sebenarnya ngga disengaja. Awalnya aku bareng kawan mendambakan mampir ke curug bugbrug, dekat Curug cimahi. Tapi ternyata ditutup, bisa saja dikarenakan longsor. Akhirnya kita putusin membuat ke perkebunan teh Sukawana saja, kebetulan sebenarnya belum pernah ke sini.

Ternyata, keindahan kebun teh Sukawana di Parongpong Lembang ini melebihi perkiraan awal lho.
Pasang Bola
Pernah ke kebun teh Rancabali di Ciwidey? Rapi dan indah bukan? nah perkebunan teh Sukawana terhitung tidak kalah indahnya lho, rapi pula.
Kebun Teh Sukawana

Kebun Teh Sukawana berada di bawah PTPN VIII, terhitung dalam kebun Bukit unggul, anggota Sukawana. Sebelumnya, area ini dikenal bersama dengan nama ‘pangheotan‘. Katanya, nama ini berasal berasal dari nama Van Houten, seorang meneer Belanda yang punyai perkebunan disini

Sekarang, PTPN VIII lebih mengangkat nama Sukawana untuk menyebut area perkebunan teh ini.Di sini, terkandung terhitung pabrik pengolahan teh. Katanya, hasil olahan teh berasal dari sini lebih diutamakan untuk export.

Area perkebunannya sendiri aku pikir tidak seluas perkebunan teh di Bandung yang lain layaknya rancabali, ciwalini, dan lain sebagainya. Meskipun demikianlah dikarenakan terhitung perkebunan teh yang aktif produksi, area kebun tehnya terpelihara dan asri.

Dari sini kita dapat nikmati gunung Burangrang dan Tangkuban perahu yang seolah tepat berada didepan mata. Tempat ini sesuai sekali jadi area wisata alam alternatif di Bandung.
Alamat – Lokasi Kebun Teh Sukawana

Alamat kebun teh Sukawana berada di Karyawangi, Parongpong. Lokasi kebun teh Sukawana sendiri lumayan dekat berasal dari kota Bandung. Jika berasal dari area Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Ledeng, ke wilayah jaraknya hanya kurang lebih 15 KM saja. Hanya saja di 2-3 KM terakhir jalannya lumayan jelek. Waktu di perjalanan dapat lumayan banyak habis disini.

Patokan jalur menuju wilayah terhitung lumayan sadar sebetulnya. Kita dapat memakai jalur utama ataupun alternatif ke arah Parongpong. Jika berasal dari arah Lembang, arahkan kendaraan ke arah parongpong. Dari pertigaan Lembang-Parongpong, kurang lebih 3 KM dapat nampak Mesjid di sebelah kanan. Nah tidak jauh berasal dari situ terkandung pertigaan ke arah Sukawana di sebelah kanan.

Peta Kebun Teh Sukawana

Untuk lebih mudahnya, dapat dicermati peta kebun teh Sukawana berasal dari google map di bawah ini ya. Tinggal klik terhadap sinyal lokasi, lalu memastikan rute saja.. Atau, dapat terhitung anda trace dan menyaksikan jalannya bersama dengan google street. Udah sampai ke wilayah langsung lho google streetnya, jadi dapat sekalian menyaksikan suasana jalannya..

Point lokasinya aku set ke SDN tunas karya, dikarenakan wilayah SD nya tidak jauh berasal dari area perkebunan utama. Jalan sampai ke pertigaan sukawana di parongpong bagus. Hanya saja berasal dari pertigaan sampai ke wilayah (3-4 KM) lumayan rusak.

Saat artikel ini dibuat ( 10 desember 2016), wilayah jalur tetap relatif sama bersama dengan yang tersedia di google street. Lumayan off road 😀
Transportasi

Saya ngga menyaksikan ada angkutan umum ke area ini. Hanya terkandung pangkalan ojek di pertigaan parongpong dan di lokasi. Kayaknya sih ngga tersedia angkutan lain kesini. Kalaupun tersedia sepertinya di jam-jam spesifik saja.

Kondisi jalur lumayan rusak, tapi tetap bisalah dilalui motor atau mobil yang rada tinggi. Saya sendiri memakai motor Nmax, dan tetap dapat sampai ke wilayah (rada maksain motor dikit).

Tiket Masuk Kebun Teh Sukawana

Harga tiket masuk kebun teh Sukawana lumayan murah. Saya berdua memakai satu motor hanya membayar Rp 5000 saja. Jika mendambakan Camping, ongkos yang dikeluarkan adalah Rp 10.000 / orang.

Dengan ongkos segitu, kita bebas melingkari area perkebunan teh disini sampe puas.
Hal Yang Bisa Dilakukan

Ada lebih dari satu kesibukan yang dapat anda lakukan di wilayah perkebunan ini. Antara lain;
Mengunjungi Pabrik Pengolahan Teh

Saya tidak lakukan hal ini. Tapi membaca lebih dari satu blog di internet sepertinya dapat dilakuin. Anda dapat menanyakan ke Satpam penjaga gerbang membuat teknisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *