Situ Cisanti Bandung Yang Masih Alami

Situ Cisanti Bandung Yang Masih Alami – Situ Cisanti, danau kecil ini memang masih kalah dengan nama danau atau situ lain di Bandung layaknya situ patenggang atau situ cileunca. Meskipun demikian, ternyata tempatnya ga kalah indah lho. Bahkan didalam lebih dari satu hal bisa dikatakan lebih adem.Buat rekan-rekan penyuka wisata alam dengan wilayah yang instagramable di Bandung, Situ Cisanti Bandung bakal bikin bahagia sepertinya.
Sekilas Tentang Situ / Danau Cisanti

Situ/danau Cisanti merupakan titik nol atau hulu sungai citarum, salah satu sungai terbesar di jawa barat yang dikenal dengan polusinya. Sepertinya ga bakal nyangka jikalau sungai citarum yang kotor berawal berasal dari tempat yang begitu bersih dan indah.

Kawasan danau cisanti dikelilingi oleh lebih dari satu gunung layaknya gunung wayang, gunung malabar, gunung bedil, Pasang Bola dan gunung rakutak. Lokasinya terhitung tidak begitu jauh berasal dari kawasan perkebunan teh pangalengan.

Setelah mendapatkan pembenahan, sekarang situ cisanti terasa dikenal penduduk sebagai salah satu destinasi wisata di kabupaten Bandung.

Di awal tahun 2018, pemerintah mencanangkan program citarum bersih. Situ Cisanti terhitung ngga lepas, mendapatkan sentuhan tambahan. Apalagi setelah presiden Joko Widodo berkunjung dan memiliki program revitalisasi Citarum di situ Cisanti.

Sekarang terdapat tambahan fasilitas yang lebih lengkap. Area kira-kira situ terhitung jadi lebih enakeun untuk pengunjung yang datang.

Hulu Sungai Citarum

Situ, atau danau kecil ini merupakan hulu sungai Citarum. Disini ditampung aliran berasal dari 7 mata air yang membentuk hulu sungai citarum yang utama.

7 Mata air yang tersedia di sini antara lain:

Mata air citarum
Mata air cikoleberes
Mata air cikahuripan
Mata air cihaniwung
Mata air cisadane
Mata air cikawudukan, dan
Mata air cisanti

Semua mata air di tampung di situ cisanti, dengan debit air mencapai 200-400 liter/detik.
Tempat Wisata Di Lokasi

Ada lebih dari satu hal yang bisa rekan-rekan lakukan pas dilokasi. Situ Cisanti tentunya lebih mengandalkan ke wisata alamnya.

Disini rekan-rekan bisa menikmati pemandangan kira-kira danau yang masih hijau adem, dan berfoto-foto di beraneka spot yang instagramable di lokasi.

Selain itu, aku sarankan bikin berlangsung mengelilingi situ cisanti biar lebih puas, dan berfoto sekalian di tugu kilometer nol Citarum, biar ga penasaran.

Jaraknya tidak amat jauh kok. Sudah tersedia jalur setapak yang lumayan layak bikin diikuti, tanpa takut mesti tersesat.

Salah satu wilayah yang paling banyak dipakai sebagai tempat berfoto ataupun selfie adalah dermaga kecil yang sedikit menjorok ke sedang situ/danau.

Dulu dermaganya kurang begitu terawat sih, tapi cukuplah bikin spot berfoto ria. Sekarang dermaga kecil ini udah ditata lebih rapi.

Tapi, jikalau boleh milih sepertinya aku pribadi mah lebih bahagia model dermaga yang lama, lebih unik dan menyatu dengan keadaan sekitar.

Dermaga kecil yang sekarang lebih ngepop dengan poletan warna ngejreng lengkap dengan tulisan I Love U juga..haha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *