Tempat Wisata Indonesia Kawah Ijen Banyuwangi

Tempat Wisata Indonesia Kawah Ijen Banyuwangi

Selalu tersedia keindahan luar biasa yang di tawarkan alam Indonesia, tidak benar satunya adalah ada Kawah Ijen. Wisata Kawah Ijen Banyuwangi merupakan tidak benar satu wisata Banyuwangi terpopuler di kalangan pencinta traveling. Kawah Ijen atau Gunung Ijen Banyuwangi terdapat di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, bersama dengan ketinggian puncak Gunung Ijen 2.443 meter di atas permukaan laut.

Selalu tersedia keindahan luar biasa yang di tawarkan alam Indonesia, tidak benar satunya adalah ada Kawah Ijen. Wisata Kawah Ijen Banyuwangi merupakan

Kawah Ijen Banyuwangi berbentuk danau asam berwarna hijau kebiruan bersama dengan diameter lebih kurang 700 meter, luasan meraih 5.466 hektar, kedalaman danau lebih kurang 200 meter.Bandar  Bola Volume danau Kawah Ijen meraih 36 juta meter kubik, bersama dengan dinding kaldera setinggi 300-500 meter, dan tingkat derajat keasaman (pH) air danau mendekati nol, yang bisa melarutkan baju, lebih-lebih kulit dan tubuh manusia didalam kala sekejap. Namun, tenang saja. Selama Anda masih berada didalam jarak yang aman, Kawah Ijen tidak berbahaya.

Suhu hawa di lebih kurang tempat wisata ini bisa meraih angka 2 derajat Celcius, untuk itu jangan lupa membawa baju hangat dan tebal. Di kawasan gunung berapi ini terdapat pertambangan belerang, dimana mengindikasikan gunung ini masih aktif dan beraktifitas. Saat berada di kawasan Kawah Ijen, Anda bisa memandang para penambang yang sibuk membawa tumpukan belerang di punggung mereka, menyusuri jalur yang curam dan dipenuhi oleh gas beracun yang berbahaya. Anda diwajibkan Mengenakan masker untuk kenyamanan kala bernapas.

Di bagian barat kawah terdapat sebuah bendungan atau dam yang dibikin terhadap zaman Belanda untuk jauhi meluapnya air kawah. Bendungan yang sudah tidak difungsikan ini terbuat dari beton dan bisa jadi tidak benar satu alternatif tempat wisata di Kawah Ijen, tapi jalur untuk menuju ke sana sulit untuk dilewati.

Jika idamkan beroleh pemandangan paling baik dari Kawah Ijen, sebaiknya Anda menjadi berangkat mendaki dari Paltuding lebih kurang jam 4 subuh bersama dengan perkiraan sampai di atas terhadap pukul 6-7 pagi. Pada jam ini, Kawah Ijen berada didalam keadaan terbaiknya dan membuahkan pemandangan yang terindah.

Di lebih kurang pos Paltuding terdapat penginapan sederhana yang dikelola oleh Dinas Kehutanan setempat. Menjelang subuh, Anda bakal dibangunkan untuk persiapan mendaki. Jika tak idamkan bermalam di penginapan, Anda bisa mendirikan tenda untuk berkemah bersama dengan teman-teman di pos ini. Jangan lupa untuk mengurus izin berkemah. Sepanjang perjalanan mendaki, Anda bisa menikmati pemandangan lebih kurang yang tak kalah indahnya.

Keindahan alam Kawah Ijen Banyuwangi sesungguhnya menakjubkan. Dari puncak Ijen, tidak cuman nampak pemandangan danau asam Kawah Ijen, pemandangan cantik kompleks pegunungan Ijen bisa Anda menikmati pula. Di sebelah timur nampak puncak gunung Merapi, termasuk di sekitarnya terdapat gunung Suket, gunung Rante, gunung Raung, dan bentang alam lainnya yang megah mengesankan.

Selain pemandangan kawah danaunya yang indah, satu hal yang sudah dikenal dunia adalah potensi blue fire Kawah Ijen. Ini adalah fenomena alam api berwarna biru yang berlangsung sebab keluarnya gas vulkanik yang mengandung belerang panas bersuhu 660 derajat celcius yang terbakar kala bersentuhan bersama dengan udara. Fenomena blue fire Ijen ini cuma bisa dilihat terhadap malam hari.

Biasanya wisatawan yang punya niat memandang fenomena api biru Kawah Ijen ini harus start memulai pendakian lebih kurang jam satu atau maksimal jam dua dini hari dari tempat parkir kendaraan di Paltuding, supaya bisa tiba di Kawah Ijen sebelum akan matahari terbit. Pendakian dari Paltuding ke puncak (bibir kawah) Ijen berjarak 3 km, memakan kala lebih kurang 1,5 jam sampai 2 jam perjalanan. Dari puncak turun ke kawah berjarak lebih kurang 1 km, perlu kala lebih kurang setengah jam perjalanan.

Untuk meraih Gunung Ijen bisa di akses dari dua arah yaitu, dari utara dan dari selatan. Dari utara, bisa di tempuh lewat Situbondo menuju Sempol (Bondowoso) lewat Wonosari dan dilajutkan ke Paltuding. Jaral Situbondo ke Paltuding lebih kurang 93 Km dan bisa ditemput lebih kurang 2,5 jam. Dari arah selatan, bisa dilalui dari Banyuwangi menuju Licin yang berjarak 15 Km. Dari Licin menuju Paltuding berjarak 18 Km dan diteruskan gunakan Jeep atau mobil berat lainnya lebih kurang 6 Km sebelum akan ke Paltuding. Ini sebab jalur yang berkelok dan menanjak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *