Tempat Wisata Indonesia Tugu Khatulistiwa Pontianak Yang Menarik

Tempat Wisata Indonesia Tugu Khatulistiwa Pontianak Yang Menarik

Indonesia sesungguhnya kaya bakal budaya dan destinasi wisata yang lumayan dikenal dunia. Dari Sabang sampai Merauke Indonesia punya beraneka tempat wisata yang unik dan punya daya tarik masing-masing. Sekarang kami bakal melihat salah satu tempat wisata yang lumayan unik di Pulau Kalimantan, tepatnya di Kota Pontianak. Kota Pontianak punya sala satu objek wisata yang lumayan menarik yakni Wisata Tugu Khatulistiwa Pontianak. Seperti apa sesungguhnya tempat wisata ini? Simak ulasan singkat di bawah ini.

Tempat Wisata Indonesia Tugu Khatulistiwa Pontianak Yang Menarik

Wisata Tugu Khatulistiwa Pontianak
Salah satu tempat wisata di Kalimantan yang kondang adalah Wisata Tugu Khatulistiwa. Wisata ini udah tidak asing kembali di kalangan wisawatan asing.Taruhan Bola Wisata ini merupakan tempat bersejarah yang dikenal juga dengan nama Ekuator Monumen. Ekuator Monumen atau Tugu Khatulistiwa udah menjadi ikon bagi Kota Pontianak yang benar-benar ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun asing.

Tugu ini berada di Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat, tepatnya di Jalan Khatulistiwa atau berjarak tidak cukup lebih 3 km berasal dari pusat Kota Pontianak yang mengarah ke Kota Mempawah. Karena tugu ini punya nilai sejarah tersendiri pada proses pembangunannya, maka banyak wisatawan yang singgah ke tempat ini.

Daya Tarik Wisata Tugu Khatulistiwa Pontianak
Di Tugu Khatulistiwa terdapat perayaan spesifik yang dilaksanakan setiap dua kali setahun, di mana perayaan ini bakal dihadiri oleh banyak wisatawan. Perayaan ini terjadi ketika matahari berada di tengah-tengah, sehingga seolah-olah semua benda yang ada di sekitar tugu tersebut tidak punya bayangan. Perayaan ini sesungguhnya benar-benar langka dan cuma terjadi pada bulan Maret sekitar tanggal 21 sampai 23, dan yang ke-2 terjadi di bulan September sekitar tanggal 21 dan 23 juga. Kejadian ini cuma bakal berlansung sepanjang lebih dari satu detik. Kejadian ini disebut Hari Kulminasi Matahari.

Kejadian inilah yang menimbulkan banyak wisatawan untuk singgah dan melihat kejadian yang tidak pernah ada di kota lain. Bahkan para pengunjung juga tidak bakal mampu melihat bayangannya sendiri. Masyrakat Kota Pontianak pun juga selalu singgah dan tidak bosan melihat kejadian ini, dikarenakan sesungguhnya cuma terjadi dua kali dalam setahun.

Jika anda berada di tempat ini, anda bakal merasakan udara yang benar-benar panas. Hal ini dikarenakan letak geografis Tugu Khatulistiwa yang berada pas di garis khatulistiwa. Anda pasti udah pernah mendengar bahwa Kota Pontianak lumayan kondang dengan garis khatulistiwa yang melintasi kota tersebut. Jadi terkecuali anda singgah ke Pulai Kalimantan, cobala untuk meluangkan diri singgah singgah ke Kota Pontianak, terlebih di tempat Wisata Tugu Khatulistiwa.

Inilah yang menjadikan Wisata Tugu Khatulistiwa Pontianak sebagai ikon kota tersebut. Bagi anda yang singgah ke Kalimantan Barat, mesti mendatangi tempat ini. Jangan lupa untuk singgah di tanggal 21 sampai 23 pada bulan Maret dan November, sehingga anda mampu melihat kejadian langka ini. Selamat berwisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *