Tempat wisata Taman Nasional Way Kambas Yang Terkenal

Tempat wisata Taman Nasional Way Kambas Yang Terkenal

Taman Nasional Way Kambas sudah terkenal sejak lama sebagai pusat latihan gajah Sumatera. Way Kambas yang terdapat di Lampung ini adalah terbentuk berasal dari sejarah letusan gunung Krakatau di jaman lalu. Taman nasional ini juga merupakan pusat latihan gajah pertama di Indonesia.

Tempat wisata Taman Nasional Way Kambas Yang Terkenal

 

Di sana, gajah-gajah yang tadinya liar dilatih dan beberapa di antaranya diajak untuk jalankan pertunjukan sirkus sederhana dan atraksi untuk menghibur wisatawan yang hadir, layaknya jalankan permainan sepak bola, berenang, dan lain sebagainya. Bagi kamu yang idamkan berkunjung ke Way Kambas, beberapa penjelasan tersebut ini barangkali sanggup membantu.

Keistimewaan Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas yang disingkat menjadi TNWK sudah diumumkan oleh Menteri Pertanian secara resmi terhadap tahun 1982 lalu. Pendirian Way Kambas ini berasarkan SK. No. 14/Menhut-II/1989. Luas kawasan TNWK ini meraih 130.000 hektar, dan kesemuanya diolah secara baik oleh petugas.

Lokasi TNWk adalah di Kecamatan Way Jepara, Labuan Meringgai, Sukadana, Purbolinggo, Rumbia dan Seputih Surabaya, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung. Wisatawan yang singgah bakal sanggup menikmati wisata satwa dan wisata alam yang mengagumkan di sana.

Way Kambas sebetulnya sama bersama satwa gajah Sumatera. Namun, di taman nasional ini ada satwa langka lainnya yang dipelihara layaknya badak, harimau sumatera, dan beberapa satwa langka lainnya. Taman Nasional ini juga sudah terkenal ke mancanegara.

Bahkan banyak peneliti berasal dari luar negeri yang jalankan penelitian di sana mengenai satwa-satwa Sumatera yang makin lama langka. Tidak heran, sebab Way Kambas juga adalah perwakilan ekosistem hutan dataran rendah yang miliki rawa air tawar, semak belukar, dan juga hutan pantai di Sumatera. Singkatnya, hutan Way Kambas adalah hutan topis yang lengkap.

Menikmati Way Kambas
Jika kamu idamkan berkunjung ke Way Kambas, tidak kudu bingung bakal jalankan apa saja, sebab ada banyak kegiatan dan tempat yang sanggup didatangi di Way Kambas. Beberapa di antaranya pada lain sebagai berikut.

1. Pusat Latihan Gajah

Salah satu perihal yang sanggup dinikmati di Way Kambas yang paling terkenal adalah atraksi gajah yang sudah terlatih. Atraksi atau sirkus sederhana berasal dari gajah-gajah tersebut sanggup diamati bersama banyak gaya, layaknya atraksi gajah menari, sepak bola gajah, gajah mengalungkan bunga, berjabat tangan, dan juga berenang. Jika berkenan, wisatawan juga sanggup menunggangi gajah bersama membayar tiket.

Gajah-gajah di taman nasional ini sudah jinak sebab sudah berada dalam program pelatihan gajah. Gajah yang masih liar bakal dijinakkan dan dilatih di sana.

Pusat pelatihan gajah ini didirikan terhadap mulanya untuk mengatasi masalah gajah liar yang sering mengakibatkan kerusakan ladang dan pertanian warga sebab habitatnya makin lama lama makin lama terusik.

2. Suaka Rhino Sumatera

Selain pusat latihan gajah, di Way Kambas ada juga sebuah tempat bernama Suaka Rhino Sumatera yang merupakan hanya satu wilayah pengembangbiakan satwa liar Indonesia berupa badak Sumatera.

Lokasi ini juga merupakan hanya satu wilayah pengembangbiakan badak Sumatera di dunia. Namun wisatawan yang idamkan masuk ke sini jumlahnya dibatasi sebab pengelola idamkan memfokuskan diri terhadap kepetingan penelitian dan pengembangan badak Sumatera itu sendiri.

Di Suaka Rhino Sumatera ini juga ada Proyek Penelitian Pembangunan Populasi Badak Sumatera dan juga Proyek Penelitian Populasi Harimau Sumatera. Kedua kegiatan utama tersebut meliputi tracking di hutan Rimba Way Kambas yang sanggup dikerjakan bersama gunakan perahu motor. Tujuannya adalahuntuk mengamati Flora dan Fauna.

3. Menunggang Gajah Keliling Taman Nasional

Yang menarik di Way Kambas adalah wisatawan sanggup memutari taman nasional bersama menunggangi gajah yang sudah terlatih. Wisatawan bakal beroleh sensasi yang berbeda.

Perjalanan bersama gajah berkeliling juga bakal bepotensi berjumpa bersama beraneka satwa liar yang menghuni taman nasional tersebut. Waktu terbaik untuk sanggup melihat satwa liar itu adalah di pagi atau sore hari.

Wisatawan sanggup juga berkeliling di malam hari untuk mengamati satwa yang aktif berkegiatan di malam hari. Biasanya bakal ditemui babi hutan. Namun, dianjurkan untuk gunakan lotion anti nyamuk sementara malam hari.

4. Resort Way Kanan

Resort Way Kanan merupakan sebuah wilayah yang masih juga dalam wilayah Taman Nasional Way Kambas. Jaraknya berasal dari Pintu Gerbang (Plang Ijo) adalah kira-kira 13 kilometer.

Saat menuju Way Kanan, di selama jalan wisatawan yang untung bakal sanggup melihat satwa liar yang melintasi jalan atau berkeliaran di kira-kira jalan utama.

Way Kanan disebut-sebut sebagai surga bagi pencinta alam sebab keanekaragaman fauna dan floranya. Lokasi ini juga menjadi wilayah terbaik untuk mengamati satwa hutan secara langsung.

5. Berkemah

Beberapa wisatawan, terlebih yang merupakan fans alam banyak juga yang menginap di Way Kambas. Beberapa peneliti yang sebetulnya idamkan mengamati kehidupan satwa di malam hari juga sanggup menginap.

Wisatawan diperbolehkan berkemah di taman nasional tersebut di spot-spot tertentu, dan tentu saja sehabis beroleh izin berasal dari petugas.

Selain berkemah, wisatawan juga sanggup menginap di penginapan kira-kira Way Kambas atau berkemah di sebuah tempat spesifik yang sebetulnya disajikan untuk wisatawan yang menginap.

Fasilitas Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas menyediakan banyak layanan layaknya kios atau warung makanan yang menjual beraneka macam makanan dan minuman. Ada juga toko oleh-oleh dan souvenir yang sanggup dikunjungi. Selain itu ada layanan umum lainnya layaknya musholla, tempat parkir, arena atraksi, pesanggrahan, dan fasiitas umum lainnya.

Tips Perjalanan

Jika idamkan berkunjung ke Way Kambas, wisatawan kudu paham terlebih dahulu bahwa Way Kambas adalah taman nasional yang terdapat di dataran rendah. Walau hutan Way Kambas rimbun dan hijau, suhu hawa di sana tidak sedingin hutan-hutan di dataran tinggi. Suhu di Way Kambas sebetulnya sangat tinggi. Saat siang hari, terik matahari sanggup membakar kulit.

Oleh sebab itu, selalu siapkan baju yang sanggup merawat kulit berasal dari sengatan matahari. Bawa juga topi Hutan yang safe dan seandainya kudu gunakan kaca mata hitam dan sunblock. Usahakan juga untuk kenakan sepatu tertutup. Adapun sementara kunjungan terbaik adalah Juli sampai bersama bulan September.

Aksesibilitas

Adapun aksesibilitas untuk menuju Way Kambas adalah ikuti beberapa altrnatif rute tersebut ini.

Datanglah ke kota Bandarlampung, lalu lanjutkan perjalanan menuju Labuhan Ratu bersama melewati tempat Metro. Perjalanan sanggup bersama gunakan kendaraan roda empat kurang lebih selama 2 jam.
Atau sanggup juga jalankan perjalanan berasal dari kota Branti menuju Labuhan Ratu bersama estimasi perjalanan kurang lebih 1 setengah jam.
Untuk perjalanan yang dimulai berasal dari Bakauheni, lanjutkan perjalanan menuju Panjang – Sribawono – Labuhan ratu. Estimasi perjalanan bersama gunakan kendaraan roda empat adalah lebih berasal dari 3 jam.
Dari Labuhan Ratu, perjalanan ke pusat latihan gajah Way Kambas adalah kira-kira 15-20 menit.
Potensi Flora dan Fauna Way Kambas

Way Kambas terdiri berasal dari hutan rawa air tawar, semak belukar, alang-alang, dan juga hutan pantai. Beberapa model floranya yang tersebar pada lain api-api, pidada, nipah, gelam, salam, rawang, ketapang, cemara laut, pandan, puspa, meranti, merbau, bayur, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, habitat fauna yang paling banyak di sana adala badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis), gajah Sumatera (Elephas maximus), dan juga Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrensis). Selain itu ada juga habitat Tapir, Beruang madu, Anjing hutan, Rusa, Ayam hutan, Rangkong, Lutung Merah, Bebek Hutan, dan masih banyak lagi.

Demikianlah penjelasan mengenai Taman Nasional Way Kambas Lampung. Semoga berfungsi dan selamat berlibur. Jangan lupa mempunyai perlengkapan perjalanan selengkap barangkali untuk kenyamanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *