Waduk Rawapening Semarang Jawa Tengah

Waduk Rawapening Semarang Jawa Tengah – Rawa Pening sanggup menjadi alternatif bagi kita yang tengah melacak tempat wisata alam di Semarang.

Lokasinya yang terdapat di kira-kira pegunungan yaitu Gunung Ungaran dan Merbabu, mengakibatkan object wisata ini bakal terlampau prima sebagai tempat menyepi.

Rawa Pening pas ini sebenarnya tengah viral lantaran foto-foto nya banyak tersebar di media sosial.

Lantas, tempat wisata ini pun kelanjutannya kebanjiran pengunjung yang singgah dari berbagai kota.

Nah, untuk sadar energi tarik danau ini, tersebut sudah kita tuliskan ulasan selengkapnya.

Rawa Pening sanggup menjadi alternatif bagi kita yang tengah melacak tempat wisata alam di Semarang.

Lokasinya yang terdapat di kira-kira pegunungan yaitu Gunung Ungaran dan Merbabu, mengakibatkan object wisata ini bakal terlampau prima sebagai tempat menyepi.

Rawa Pening pas ini sebenarnya tengah viral lantaran foto-foto nya banyak tersebar di media sosial.

Lantas, tempat wisata ini pun kelanjutannya kebanjiran pengunjung yang singgah dari berbagai kota.

rawa-pening-semarang
Pasang Bola
Nah, untuk sadar energi tarik danau ini, tersebut sudah kita tuliskan ulasan selengkapnya.

Daftar Isi Artikel
Rawa Pening

Tempat wisata ini bersifat danau alami yang berada di kabupaten Semarang. Luasnya kira-kira 2.670 hektar.

Selain menjadi tempat hidup banyak ikan, rawa ini termasuk menjadi habitat bagi tanaman eceng gondok.

Sebelum dan sesudah dikenal sebagai tempat wisata, rawa ini sudah menjadi tidak benar satu sumber penghidupan warga sekitar.

Di samping menjadi tempat berburu ikan, danau ini termasuk menjadi tempat bekerja penduduk baik sebagai pedagang atau menyewakan perahu bagi para pelancong.

Rawa Pening terlampau cocok bagi kita yang inginkan sensasi liburan di alam yang alami dan tenang.

Memandang jernihnya air sembari menikmati segelas minuman hangat, dipastikan sanggup melebur segala tradisi kantor yang menjemukan.
Legenda Rawa Pening

Setiap tempat wisata kebanyakan miliki sejarah atau legenda jaman lalu. Lebih-lebih jika itu adalah tempat wisata alam.

Nah untuk Rawa Pening, lebih dari satu warga kira-kira sangat percaya bahwa dulunya di tempat ini pernah berdiri sebuah desa bernama desa Malwapati.

Desa Malwapati ini dihuni oleh penduduk yang memadai banyak.

Termasuk seorang Laki-laki bernama Baru Klintang yang oleh warga kira-kira dipercaya miliki pengetahuan sakti mandraguna.

Dalam kisanya, dituturkan bahwa dulunya Baru Klintang mendapat perlakukan tidak baik oleh penduduk desa hanya dikarenakan ia memilki bentuk tubuh yang berbeda dan bau.

Tak terima dengan perlakuan penduduk desa, si Baru Klintang lantas mengadakan sayembara untuk mencabut lidi yang ia tancapkan ke didalam tanah.

Hampir seluruh penduduk mengikuti sayembara tersebut tapi tak satupun yang sukses mencabut lidi itu tak sekedar Baru klintang.

Tapi siapa sangka, selepas tercabutnya lidi dari tanah, tiba-tiba saja dari didalam tanah bermuncratan air didalam kuantitas banyak hingga menenggelamkan desa Malwapati yang sekarang menjadi tempat danau Rawa Pening.

Meski hanya sebuah cerita jaman lantas yang belum pasti kebenarannya, tapi legenda di atas hingga pas ini masih dipercaya lebih dari satu masyarakat.

Bahkan mereka sangat percaya bahwasanya Baru Klintang masih hidup tapi menjelma menjadi seekor ular naga yang konon masih menempati Rawa Pening hingga sekarang.

Seturut dengan kepercayaan tersebut, hingga sekarang termasuk masih kerap diselenggarakan ritual-ritual penyerahan sesajen di danau ini dengan obyek sehingga tidak menyebabkan bencana bagi warga sekitar.

Sementara berkenaan awal mula penamaan, nama rawa ini sebenarnya mencerminkan situasi atau situasi danau yang airnya terlampau jernih.

Kata “rawa” berarti rawa atau danau, sedangkan kata “pening” berarti jernih.

Sehingga pas disatukan dan diartikan, nama rawa ini berarti danau berair jernih.

Pesona Wisata

Di atas sudah kita tulis sedikit bahwa energi tarik yang di tawarkan danau ini adalah ketenangan berwisata di alam yang tenang.

Selain object rawa sebagai pesona andalan, kawasan kira-kira danau yang dikelilingi lanskap lahan pertanian hijau termasuk menjadi pelengkap.

Lalu dikarenakan terdapat di kira-kira pegunungan, situasi khas alam pegunungan pun sanggup kita rasakan dari kawasan rawa ini.

Jika singgah pada pas yang pas yaitu pada pas cuaca tengah cerah, di wilayah yang tak terlampau jauh termasuk bakal keluar oleh kita Gunung Ungaran dan gunung Merbabu yang berdiri dengan gagahnya.

Bahkan tidak hanya itu. Di didalam wilayah termasuk sudah disiapkan lebih dari satu wahana yang sanggup digunakan pengunjung untuk menemani beraktifitas.

Selain tentu saja ada perahu yang sanggup disewa untuk berkeliling danau, ada termasuk wahana ATV, bebek air, hingga becak mini.

Yang suka memancing termasuk sanggup melempar umpan dan menangkap banyak ikan di rawa ini.

Lalu bagi yang gemar hunting foto, di kawasan wisata yang terlampau luas ini pasti bakal banyak sekali spot foto yang menggoda untuk diabadikan.

Jadi tak sekedar buat persiapan budget yang memadai untuk menyewa wahana, pas singgah ke sini jangan lupa termasuk untuk membawa perlengkapan mancing dan kamera paling baik yang kita miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *