Wakatobi Akan Tingkatkan Destinasi Wisata Lokal

Wakatobi Akan Tingkatkan Destinasi Wisata Lokal

POTENSI wisata di Kabupaten Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara terlampau besar dan sanggup dikembangkan untuk tingkatkan perekonomian masyarakat. Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Budi Arie Setiadi optimis Wakatobi dapat jadi destinasi wisata unggulan.

Budi Arie menyelam di Laut Wakatobi, pada Sabtu 21 November lalu, dipandu instruktur dari dive center yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bersama Kanturu.

BUMDes Bersama Kanturu dikelola oleh empat desa di Kecamatan Wangi-Wangi yakni Desa Waha, Desa Koroe Onowa, Desa Wapiapia, dan Desa Sombu.

Sebelum menyelam, Budi Arie yang didampingi Direktur Pengembangan Sumber Daya Alam Kawasan Perdesan (PSDAKP) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrsi (Kemendes PDTT), Mulyadin Malik berikut berdialog bersama sejumlah kepala desa dan warga setempat. Menurutnya, Wakatobi punya potensi wisata yang luar biasaDalam dialognya, Budi Arie berharap pengurus BUMDes dan warga untuk menyusun histori desa-desa setempat dan mendokumentasikannya. Sebab menurutnya, histori jadi energi tarik tersendiri untuk memikat para wisatawan.

“Yang diperlukan dari desa wisata itu sejarah. Bahasa inggrisnya storry telling. Ini ceritanya apa, jadi tersedia cerita di balik sesuatu. Dari cerita itulah timbulnya memori bagi wisatawan,” ujarnya layaknya dikutip dari laman resmi Kementerian Desa dan PDTT, Senin (23/11/2020).

Budi Arie juga memberi saran BUMDes Bersama Kanturu untuk memperkaya ketersediaan kuliner dan souvenir khas area di area kawasan wisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *