Warna-Warni Kampung Pelangi Semarang

Warna-Warni Kampung Pelangi Semarang – Belakangan ini, nama Kampung Wonosari di Semarang sedang ramai dibicarakan. Gimana enggak, kampung yang dulunya kumuh kini disulap menjadi pelangi yang memikat hati.
Kampung Pelangi di Kalisari

Letak Kampung Pelangi ini tersedia di belakang Pasar Kembang Kalisari, Semarang. Sebelum diwarnai, kampung pinggir sungai ini dulunya adalah area pemukiman kumuh. Rumah-rumahnya hanya berdinding bata dan tidak dicat. Pembangunannya pun tidak beraturan, berserakan di lokasi desa yang relatif berbukit. Begitu pula jika masuk ke bagian dalamnya; gang sempit menanjak, jalanan yang tidak rata, dan kendaraan terparkir sembarangan.
Pasang Bola
Tapi kampung bernama Kampung Wonosari selanjutnya kini telah berubah. Dengan warna-warni yang terlampau eye-catching, Kampung Wonosari memiliki julukan baru yakni Kampung Pelangi. Bukan hanya tembok tempat tinggal yang dipenuhi warna namun termasuk atap dan tiap sudut jalanan kampung.

Melihat Kampung Pelangi dari Dekat
Pasang Bola
Kalau terjadi di pada gang sempit Kampung Pelangi, anda dapat memandang banyak sekali gambar 3D di tembok-tembok rumah. Jalanan di kampung ini termasuk tak ketinggalan untuk diwarnai. Kesan kumuh dan sesak yang pernah melekat kini telah berubah, bergeser dengan situasi kampung yang lebih hidup dan menyenangkan. Dengan warna-warni cerah dilengkapi keramahan masyarakat Indonesia, memicu banyak orang betah berjalan-jalan mengeliingi Kampung Pelangi yang satu ini.

Seperti kebanyakan kampung di Indonesia, di sini pun banyak warung rumahan. Karena sekarang banyak pengunjung yang datang, warung rumahan ini menjadi spot membeli makanan dan minuman gampang dan juga jajanan khas Semarang. Tampilan kampung ini boleh menjadi serupa kota Olinda di Brazil, namun pastinya tetap dengan cita rasa Indonesia. Seru banget!

Jadi Favorit di Instagram dan Dipuji Dunia

Warna-warni di Kampung Pelangi bukan hanya mempercantik tampilannya namun termasuk mendatangkan banyak sekali wisatawan. Mulai dari yang berasal dari sekitar Semarang sampai yang berasal dari luar negeri! Saking bagusnya, sekarang kampung ini menjadi keliru satu area favorit orang-orang untuk berfoto. Makanya jangan heran jika anda melacak #KampungPelangi di Instagram, tersedia ribuan foto yang muncul.

Ide awal modifikasi kampung ini terbilang unik dikarenakan terlahir dari seorang kepala sekolah bernama Slamet Widodo yang dambakan kampungnya menjadi lebih indah. Bersama anak-anak SMP dan seniman lokal, kampung ini dibikin lebih indah dan mampu menarik perhatian semua dunia. Pemberitaan beberapa portal berita internasional termasuk meningkatkan popularitas kampung ini, sebut saja Reuters, Buzzfeeds, sampai portal berita fashion, Vogue.

Sekarang, Kampung Wonosari ini bukan ulang kampung biasa. Tampilannya beralih indah dan terasa lebih hidup saat berjalan-jalan di gangnya yang sempit nan berwarna. Lokasinya tersedia di Jl. DR. Sutomo, Kelurahan Randusari, Semarang, Jawa Tengah. Letak kampung ini berada di belakang Pasar Bunga Kalisari yang hanya berjarak sekitar 1 kilometer dari destinasi wisata Lawang Sewu.

Kampung Pelangi Kalisari sesungguhnya bukan cuma satu kampung berwarna di Indonesia. Tren mewarnai kampung telah dimulai di beberapa kampung di Indonesia. Sebut saja Kampung Jodipan dan Kampung Tridi di Malang, Kali Code di Yogyakarta, atau Kampung Teluk Seribu di Balikpapan. Seperti halnya di Semarang, kampung pelangi lainnya pun menjadi area favorit wisatawan untuk berfoto. Kamu sepakat nggak jika semua kampung di Indonesia diwarnai seperti ini? Suka dengan kampung pelangi tersebut? Liburan tahun ini jangan lupa mampir, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *