wisata Alam Maluku Utara Halmahera Yang Exsotis

wisata Alam Maluku Utara Halmahera Yang Exsotis

Wisata di Halmahera jadi hits akhir-akhir ini. Halmahera merupakan sebuah Pulau besar di Maluku Utara. Setelah sebelumnya IVACANZA mengulas beragam destinasi wisata di Pulau Morotai, kali ini IVACANZA akan mengulas sebagian himbauan daerah wisata di Halmahera.

wisata Alam Maluku Utara Halmahera Yang Exsotis

Secara administratif Pulau Halmahera terbagi menjadi 5 kabupaten, yaitu: Kabupaten Halmahera Timur, Kabupaten Halmahera Selatan, Kabupaten Halmahera Barat,Pasang Bola Kabupaten Halmahera Utara, dan Kabupaten Halmahera Tengah.

Sebagian besar pantai di pulau ini merupakan pantai berpasir putih, dan sebagian besar pulau ini tetap tertutup oleh hutan. Oleh maka dari itu perihal ini lah yang mengakibatkan sebagian destinasi wisata di Halmahera tetap sedikit orang yang menyadari dan mempunyai panorama yang terbaik.

Berikut 12 destinasi wisata di Halmahera bersama dengan panorama terbaik yang mesti kamu tahu.

TELAGA BIRU & TELAGA DUMA
Destinasi wisata di Halmahera pertama yang mesti kamu kunjungi adalah Telaga Biru dan Telaga Duma. Telaga Biru berlokasi di Desa Mamuya, Kecamatan Galela Kabupaten Halmahera Utara. Seperti halnya daerah wisata telaga yang lain di mana pada umumnya mempunyai mitos tersendiri. Dan Telaga Biru di Halmahera ini menurut masyarakat setempat dulunya dipakai oleh bidadari dari langit sebagai daerah mandi. Telaga Biru di Halmahera ini memang mempunyai air yang terlalu jernih.

talaga biru

Telaga Duma berlokasi di Galela Kabupaten Halmahera Utara. Telaga Duma merupakan danau terbesar di Pulau Halmahera. Sepanjang tepi telaga ini terkandung kerambah ikan dan sebagian tempat tinggal makan ikan sehingga terlalu sesuai untuk dijadikan sebagai daerah wisata kuliner sembari menikmati panorama dari tepi Telaga Duma.

TELUK JAILOLO
Destinasi wisata di Halmahera berikutnya adalah Teluk Jailolo. Bagi kamu yang hobi diving, Teluk Jailolo merupakan keliru satu surga bikin kamu. Tempat ini merupakan keliru satu spot diving terbaik dari puluhan spot diving yang tersebar di lokasi Halmahera Barat. Teluk Jailolo terletak tak jauh dari pusat kota Jailolo yang merupakan ibukota Kabupaten Halmahera Barat.

Teluk Jailolo

Spot diving di perairan Halmahera Barat merupakan tempat tinggal bagi ratusan spesimen karang dan bunga laut. Saking beragamnya biota laut di Jailolo, kamu bisa berpapasan bersama dengan hewan laut yang jarang terlihat. Salah satu hewan yang jarang keluar dan bisa kamu temukan di sini adalah ikan mandarin yang cuma ada di kedalaman 4,5 meter saja. Air lautnya yang jernih mengakibatkan daerah ini termasuk menjadi surga bagi para fotografer bawah laut. Jadi kalau kamu menginginkan coba fotografi bawah laut, Halmahera Barat adalah destinasi yang tepat untuk kamu.

Selain itu, di daerah ini termasuk sering diadakan festival tahunan bernama Festival Teluk Jailolo (FTJ). Festival yang mempunyai tujuan untuk mempromosikan wisata di Halmahera Barat ini berisikan bersama dengan parade budaya dari masyarakat setempat.

PANTAI SUSUPU / PANTAI DISA
Destinasi wisata di Halmahera berikutnya adalah Pantai Susupu. Pantai Disa sering disebut Pantai Susupu, dikarenakan Pantai Disa ini terletak tidak jauh dari Gunung Susupu di Halmahera Barat. Untuk menuju ke sana, dari Jailolo, kamu bisa memakai kendaraan ojek, naik taksi, atau menyewa kendaraan ke Pantai Disa atau Pantai Susupu. Pantai Disa atau Pantai Susupu jaraknya sekitar 17 km ke arah barat laut Jailolo. Perjalanan sekitar 25 menit akan terbayar bersama dengan keindahan pantai dan juga pondok-pondok spesifik yang disajikan untuk istirahat.

Keindahan panorama laut dan gunung menyatu di pantai ini. Pantai Disa ini udah dikembangkan Pemerintah Daeah setempat, sehingga kebersihan dan fasilitasnya pun terjamin.

AIR TERJUN KAHATOLA
Wisata di Halmahera berikutnya yang mesti kamu kunjungi adalah Air Terjun Kahatola. Air terjun Kaha Tola memang keliru satu air terjun terunik di Indonesia. Air terjun Kahatola berlokasi di daerah Loloda. Keunikan air terjun ini adalah aliran airnya yang segera mengarah ke laut. Air terjun ini mesti dikunjungi bagi kamu yang hobi diving. Untuk raih daerah ini, kamu mesti memakai speed boat dari pusat kota Jailolo, bersama dengan pas tempauh sekitar 3-4 jam.

Konon, air terjun ini bukan berasal dari aliran sungai, tetapi dari rembesan air hujan dan embun yang terkumpul di sebuah cekungan di atas tebing, lantas jatuh sebagai air terjun.

PANTAI LUARI
Wisata di Halmahera yang mesti kamu kunjungi berikutnya adalah Pantai Luari. Pantai Luari kondang bersama dengan tanjungnya yang mempesona. Lokasinya yang berhadapan segera bersama dengan lautan Samudera Pasifik adalah kekuatan tarik tersendiri Luari. Air lautnya yang jernih dan tenang terlalu ideal untuk aktivitas berenang dan berperahu.

Bagi penggemar snorkling, di ujung utara pantai ini kamu bisa menemukan bunga-bunga karang bersama dengan mutu yang tetap terjaga. Pantai Luari merupakan salah satu pantai di pesisir Halmahera Utara di mana kamu bisa lihat indahnya moment sunrise dan termasuk sunset.

PANTAI CARLEN PITU
Pantai Carlen Pitu merupakan keliru satu destinasi wisata di Halmahera bersama dengan panjang garis pantai sejauh 530 meter mempunyai dasar laut yang dangkal. Apabila air laut surut maka lebar Pantai ini bisa raih 50 meter. Para wisatawan yang mampir ke pantai ini umumnya memakai luas pantai ini untuk berolahraga pantai layaknya bermain sepakbola atau volly. Arus laut di pantai Pitu terlalu tenang sehingga safe untuk daerah berenang anak-anak. Di depan Pantai Carlen Pitu terkandung sebagian pulau-pulau kecil yang bisa kamu jelajahi.

PULAU KAKARA
Pulau Kakara adalah kekuatan tarik utama wisata di Halmahera Utara. Pantai berpasir putih, air laut sejernih kristal dan kawasan pantainya yang diteduhi rimbunnya pepohonan menjadikan Kakara sebagai obyek wisata populer.

Pulau Kakara merupakan daerah asal-mula budaya Hibualamo, sehingga wisatawan termasuk bisa berwisata budaya di Pulau ini. Keindahan bawah laut Perairan di sekitar Pulau Kakara termasuk merupakan kekuatan tarik yang tidak boleh dilewatkan.

PULAU WIDI
Pulau Widi, merupakan pulau yang berlokasi di Desa Gane Luar, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, Pulau Widi dikenal mempunyai keindahan dan keunikan tersendiri.

Hamparan pasir yang putih dan luas, air laut jernih kebiruan, dan juga terumbu karang yang terhampar bersama dengan beragam style keindahan biota lautnya. Tak heran kalau eksotika kepulauan ini selalu disamakan bersama dengan keindahan Kepulauan Mandeh dan Raja Ampat. Banyak aktivitas wisata yang bisa ditunaikan di pulau tak berpenduduk ini, jadi dari memancing, snorkeling, maupun diving.

PANTAI KUPA-KUPA
Wisata di Halmahera yang mesti kamu kunjungi adalah Pantai Kupa-kupa. Pantai yang mempunyai ciri-ciri khas yang begitu alami, kalau dibandingkan bersama dengan obyek wisata pantai lainnya.

Kupakupa

Keberadaan arus yang tenang yang termasuk dikelilingi bersama dengan banyaknya pohon-pohon beringin yang tumbuh di pesisir pantai. Pantai Kupa Kupa termasuk sering digunakana untuk olahraga air dan termasuk snorkling.

TEPALEO BATU DUA
Tepeleo Batu Dua berada di Desa Tapeleo Batu Dua Kecamatan Patani Utara Kabupaten Halmahera Tengah. Batu Dua (Manus) merupakan simbol tepeleo, konon batu selanjutnya merupakan kapal yang terdampar di pulau ini.

Di daerah ini kamu akan menikmati keindahan pantai dan laut nan biru disempurnakan keindahan batu raksasa yang berada di tepi laut.

BOKI MORURU
Boki Moruru merupakan sebuah gua alam yang eksotik di hulu sungai Sageyen. Jaraknya kurang lebih 5 km dari desa Sagea. Untuk raih gerbang Gua ini bisa ditunaikan lewat jalur darat, maupun bersama dengan menyusuri sungai Sageyen bersama dengan pas perjalanan sekitar 30 menit.

Umumnya pengunjung pilih menempuh perjalanan bersama dengan menyusuri sungai Sageyeyn, dikarenakan disepanjang perjalanan pengunjung bisa menikmati kicauan burung diatas pepohonan yang tumbuh dibantaran sungai. Fasilitas transportasi yang digunakan untuk raih gerbang gua adalah moda transportasi simpel (ketinting) yang disewakan oleh masyarakat setempat. Nakhoda ketinting yang disewa termasuk bisa bertindak sebagai pemandu selama pengunjung menelusuri keindahan dan keunikan gua.

Di sedang perjalanan, dijumpai sebagian daerah yang dikeramatkan masyarakat Sagea. Salah satunya adalah Batu Susun. Di selama lokasi ini tersusun rapih batu warna warni yang terlalu indah jadi dari dasar sampai ke bantaran kali. Konon di batu susun ini asal mula leluhur masyarakat Sagea yang bernama Lai Salama.

TELAGE LEGAYE LOL
Pulau Halmahera memang mempunyai bayak telaga, keliru satu telaga di Pulau Halmahera anggota sedang yang menjadi destinasi wisata adalah Telaga Legaye Lol yang dikenal bersama dengan nama telaga Yonelo. Telaga ini berlokasi di Desa Sagea Kabupaten Halmahera Tengah. Telaga ini mempunyai air payau yang berada di kaki bukit Legaye Lol.

Panjang telaga ini kurang lebih 2,5 km dan lebar sekitar 2,2 km. Keunikan telaga ini adalah terkandung pulau kecil di tengahnya, yakni bernama Pulau Yefi. Di pesisir telaga ini terkandung beragam pohon bakau. Sementara di dasar telaga terkandung beragam style kerang.

Jarak tempuh untuk raih gerbang telaga ini sekitar 2 km, bersama dengan lama perjalanan sekitar 25 menit dari desa Sagea. Untuk bisa sampai di desa ini kamu mesti melaksanakan perjalanan sekitar 56 km dari pusat kota Weda yang merupakan ibukota Kabupaten Halmahera Tengah. Perjalanan ditunaikan bersama dengan memakai sewa speedboat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *