Wisata Alam Yang Paling Berbahaya Saat Musim Hujan

Wisata Alam Yang Paling Berbahaya Saat Musim Hujan

Memasuki musim hujan, area wisata alam air terjun menjadi perhatian serius Pemkab Probolinggo. Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Budaya (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo lebih-lebih memberlakukan proses membuka tutup bagi tiga area wisata air terjun di Kabupaten Probolinggo. Tempat wisata alam lainnya diimbau untuk lebih waspada.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Probolinggo, Sugeng Wiyanto melalui Kepala Bidang Pariwisata, Dian Cahyo Wibowo. Saat dikonfirmasi kemarin, Cahyo -sapaan akrabnya- mengatakan, wisata alam air terjun yang dikelola Pemkab merupakan air terjun Madakaripura di Lumbang. Pihaknya terapkan proses membuka tutup, memasuki musim hujan ini.

”Selain air terjun Madakaripura, kita juga udah koordinasikan dengan pengelola area wisata air terjun Guyangan Krucil dan air terjun Kalipedati di Desa Kalianan, Krucil untuk terapkan proses membuka tutup selagi musim hujan,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo kemarin.

Cahyo menjelaskan, sebagai antisipasi bencana di area wisata air terjun Madakaripura di Lumbang, pihaknya pakai alat komunikasi berupa handy talky (HT). Saat di area atas turun hujan, melalui HT mampu disampaikan ke petugas wisata air terjun Madakaripura. Supaya, mampu segera ditindaklanjuti dengan melarang wisatawan masuk. Bagi wisatawan yang udah masuk dan di atas untuk segera dipandu turun kembali.

”Begitu juga di area wisata air terjun Guyangan dan Kalipedati, selagi mendung, turun hujan atau cuaca tidak mendukung, sehingga melarang wisawatan turun ke area air terjunnya. Bisa diarahkan ke destinasi wisata sekitarnya yang tidak membahayakan,” terangnya.

Upaya itu dianggap Cahyo, sebagai upaya mengantisipasi adanya bencana banjir bandang dan lainnya. Sebab kawasan air terjun di selagi mendung dan hujan turun dinilai terlampau membahayakan keselamatan para pengunjung.

“Kami tidak ingin berisiko dengan melindungi keselamatan bagi para pengunjung air terjun. Setiap harinya kita memandang kondisi cuaca terkecuali cuaca mendung dan berpotensi hujan turun, kudu diantisipasi petugas,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *