Wisata Gunung Wilis Kediri Indah

Wisata Gunung Wilis Kediri Indah

Gunung Wilis yang membentang di wilayah enam kabupaten di Jawa Timur (Jatim) populer bersama kondisinya yang masih belum tersentuh dan belum terjamah. Tidak banyak pendaki yang menyusuri lereng hingga puncak Wilis.

Disinggung mengenai mitos keangkeran Gunung Wilis yang mengakibatkan risau pendaki, Kabid Pariwisata Dinas Perindustrian, Koperasi, Perdagangan, dan Pariwisata (Dinkopindagpar) Kabupaten Madiun, Isbani, menjawab tidak sepenuhnya benar.

Wisata Gunung Wilis Kediri Indah

Menurut dia, Gunung Wilis sebenarnya belum punyai jalur pendakian resmi sehingga belum banyak wilayah yang terjamah wisatawan—termasuk para pendaki gunung. “Gunung Wilis sebenarnya tergolong masih cukup perawan. Tidak tersedia pengelolaan khusus [pendakian] dikarenakan lebih dari satu tempat di Gunung Wilis masuk wilayah [milik] Perum Perhutani.

Air Terjun
Sementara itu Gunung Wilis yang punyai ketinggian 2.563 m di atas permukaan laut (mdpl) berikut menaruh potensi pariwisata berwujud panorama air terjun Dholo dan air terjun
Ironggolo . Pengelolaan wisata kedua air terjun dipegang Pemkab Kediri. Gunung Wilis menaruh jalur-jalur yang belum terekspos masyarakat.

Air Terjun Dolo
Dengan perjalanan 60 menit dari kabupaten kediri, bersama rute terminal baru kediri ke barat sampailah aku di anggota timur lereng Gunung Wilis. Awalnya aku melihat perihal biasa saja, baru sehabis aku dan saudara menuruni anak tangga sedikit berasa menarik perhatian aku karna keluar pertanyaan bahwa seberapa jauh aku harus turun. Butuh pas kurang lebih 30 menit untuk menuruni anak tangga dan itu usaha yang cukup untuk mengeluarkan keringat, secara khusus aku tidak menghitung berapa jumlah anak tangga untuk menuju air terjun tersebut, namun yang mengerti itu cukup capek.

Beberapa momen abadikan disana, sebelum saat tiba waktunya pas membawa hari semakin larut, dikarenakan berada di lereng gunung dan di kerumunan pohon – pohon situasi tenang terlampau terasa. Waktu turun 30 menit namun tidak menyangka pas naik mampu 2 kali lipatnya, pas menaiki anak tangga dari air terjun ke tempat parkir menempuh pas 60 menit dan menghabiskan seluruh tenaga.

Mungkin mampu bermanfaat bagi yang penasaran coba tangga untuk olahraga. Sekian menerima kasih.

“Pendakian gunung Wilis tidak begitu populer namun tak jarang pula para pendaki pilih gunung ini sebagai destinasi muncak mereka. Banyak pendaki yang urung untuk mendaki Gunung Wilis masih terlampau perawan untuk pendakian formal. Pada jalur pendakian terhitung banyak kami temui benda-benda sakral atau benda yang mampu dibilang situs bersejarah,”

Air terjun Irenggolo

Air terjun Irenggolo, punyai ketinggian 1200 M dari permukaan laut, dan terletak kawasan Besuki, tepatnya di gugusan lereng gunung Wilis.

Aliran air yang mengalir dari tebing-tebingnya yang setinggi 80 Meter itu membentuk undakan-undakan kecil bersama panorama alam yang luar biasa indah dan dilengkapi bersama hawa yang dingin dan sejuk.

Air terjun ini berjarak 28 Km arah barat energi kota Kediri, cuma 30 menit berkendara dan mampu dilewati bersama mudah, dikarenakan jalur yang mengantarkan ke air terjunpun relatif ringan dan mulus.

Dekat bersama air terjun Irenggolo, terkandung pula air terjun Dolo yang terletak 4 Km dari Irenggolo, bersama ketinggian 90 Meter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *