Wisata Indonesia Kulonprogo Canting Mas Puncak Dipowono

Wisata Indonesia Kulonprogo Canting Mas Puncak Dipowono

Jika di awalnya telah dikenal Kalibiru, kini di lokasi kecamatan yang sama, Kokap, tepatnya di Dusun Clapar II Hargowilis, resmi diluncurkan objek wisata alam Canting Mas Puncak Dipowono.

Wisata Indonesia Kulonprogo Canting Mas Puncak Dipowono

Peresmian atau peluncuran secara resmi dilakukan langsung oleh Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo, Senin (27/7). Meski terbilang sebagai puncak tertinggi di pada pegunungan Menoreh, Canting Mas Puncak Dipowono dapat dijangkau bersama dengan kendaraan.

Berada pada ketinggian lebih kurang 600 Mdpl, pengunjung dapat nikmati pemandangan alam seputar Kota Wates dan Waduk Sermo.

Mendukung potensi tersebut, Kelompok rimba Kemasyarakatan Sido Akur bersama dengan masyarakat setempat sebagai pengelola melengkapinya bersama dengan bermacam wahana sebagaimana ada di objek wisata Kalibiru.

Kepala Desa Hargowilis, Sutardi, menyebutkan unggulan objek wisata Canting Mas Puncak Dipowono adalah pemandangan ke arah selatan berwujud lanskap Pantai Glagah, Bantul, dan kerlip Kota Wates ketika malam.

Ke arah utara nampak perbatasan Purworejo, ke arah barat termasuk lokasi Purworejo dan lanskap Congot serta di segi timur nampak Gunung Merapi serta matahari terbit ketika pagi dan lokasi Magelang.

“Tujuh grup bersatu mengelola lokasi yang beberapa merupakan tanah hutan rakyat lebih kurang keseluruhan seluas 197 hektare,” ujar penasihat grup pengelola tersebut, usai launching oleh Bupati Hasto Wardoyo, Senin (27/7/2015).

Ketua Pokdarwis Canting Mas, Tumiranto, keberadaan objek wisata dapat menambah penghasilan masyarakat setempat. Menurutnya, grup dapat mengembangkan lokasi itu tanpa harus menyebabkan kerusakan kawasan hutan rakyat.

Pengembangan kawasan tersebut sebenarnya secara bertahap. Rencananya, ke depan pengelola dapat melengkapi layanan termasuk ketersediaan kamar dan tempat tinggal homestay.

Selain itu, akses jalur menuju objek wisata dapat diperlebar sehingga dapat dilewati kendaraan lebih lancar.

Bupati Hasto Wardoyo menyebut Canting Mas Puncak Dipowono merupakan puncak tertinggi di Bukit Menoreh.

Keberadaannya, menurut Hasto, melengkapi kawasan wisata Bukti Menoreh yang pada lain Waduk Sermo, Kalibiru, dan Goa Kiskendo.

“Semua terkoneksi. Aksesnya termasuk dapat hingga ke Kalibiru. Kalau ke Goa Kiskendo termasuk dapat berasal dari Clapar ini langsung turun ke Pasar Cublak,” kata Hasto.

Menjadi PR utama berkaitan keberadaan objek wisata di Bukit Menoreh, Hasto mengakui harus melakukan perbaikan akses jalur atau memperlebar secara bertahap. Untuk menampung kalau ada bus wisata, rencananya dapat dibuatkan kantung-kantung parkir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *