Wisata Indonesia Taman Nasional Komodo Yang Fenomenal Dan Destinasi Wisata Tersohor

Wisata Indonesia Taman Nasional Komodo Yang Fenomenal Dan Destinasi Wisata Tersohor

Taman Nasional Komodo memiliki banyak destinasi wisata tenar yang perlu dikunjungi kala kamu berlibur ke Nusa Tenggara Timur. Tak hanya wisatawan domestik, wisata pulau Komodo ini termasuk selamanya dipenuhi oleh wisatawan mancanegara.

Wisata Indonesia Taman Nasional Komodo Yang Fenomenal Dan Destinasi Wisata Tersohor

Kawasan ini termasuk terdiri berasal dari sebagian pulau, di antaranya tiga pulau besar yang meliputi Pulau Rinca, Pulau Komodo, dan Pulau Padar.Pasang Bola Dengan gugusan pulau dan keaneragaman hayati yang dimilikinya, tak heran jikalau tempat ini menjadi tempat favorit para wisatawan.

Buat kamu yang belum pernah mengunjunginya, lebih baik nabung terasa sekarang biar bisa lekas berjumpa dengan salah satu hewan purba yang masih tersisa dan hanya tersedia di Taman Nasional Komodo ini.

Sejarah Pulau Komodo

Salah satu tempat ikonik di Provinsi NTT ini menaruh banyak cerita yang melatarbelakanginya, terasa berasal dari cerita legenda sampai ditetapkan menjadi salah satu berasal dari tujuh keajaiban dunia. Langsung aja review ulasannya di bawah ini.

Legenda
Konon, terhadap era dahulu hiduplah seorang Putri Naga yang tinggal di Pulau Komodo. Sang Putri menikah dengan seorang pemuda yang biasa dipanggil Moja.

Tak lama setelah menikah, pasangan ini dikaruniai dua bayi laki-laki kembar. Namun, salah satu bayi selanjutnya bukanlah seorang manusia melainkan seekor kadal.

Si anak laki-laki yang berwujud manusia diberi nama Si Gerong dan dibesarkan di kalangan manusia. Sedangkan saudara kembarnya yang berwujud kadal diberi nama Orah dan dilepas di hutan.

Seiring saat berlalu, Si Gerong tumbuh menjadi seorang pemuda yang tangkas. Suatu ketika, kala hendak berburu rusa di hutan, Si Gerong pun berjumpa dengan seekor kadal raksasa.

Si Gerong selanjutnya mengejarnya dan hendak membunuhnya dengan tombak. Namun, tiba-tiba sang ibu terlihat dan menghindar apa yang dapat dilakukan Si Gerong.

Ratu Naga berikan mengetahui anaknya bahwa kadal raksasa selanjutnya adalah saudara kembarnya. Sejak saat itu, masyarakat kira-kira pun memberlakukan Orah dengan terlalu baik.

Orah bertahan hidup di hutan dengan berburu hewan seperti kambing, rusa, atau babi hutan. Orah pun dipercaya hidup berdampingan dengan manusia sampai saat ini.

Awal Ditemukan terhadap Masa Penjajahan Belanda
Pada th. 1910, pulau yang terdapat di sisi selatan Provinsi Nusa Tenggara Timur ini dinamai Pulau Komodo oleh orang Belanda. Pada saat itu, tersedia seorang Letnan bernama Steyn van Hens Broek yang mendambakan memperlihatkan laporan pasukannya mengenai ada hewan besar yang menyerupai naga di pulau tersebut.

Steyn kemudian membunuh seekor komodo dan mempunyai dokumentasinya ke Museum Botanical Garden di Bogor untuk diteliti.

Ditetapkan sebagai Salah Satu berasal dari Tujuh Keajaiban Dunia
Pada th. 2009, Taman Nasional Komodo dinobatkan sebagai finalis New Seven Wonders of Nature. Kemudian, terhadap 11 November 2011, organisasi New 7 Wonders memberitakan bahwa Taman Nasional Komodo menjadi salah satu pemenangnya.

Enam keajaiban lain di antaranya adalah Halong Bay (Vietnam), Amazon (Amerika Latin), Pulau Jeju (Korea Selatan), Table Mountain (Afrika Selatan), Air Terjun Iguazu (Amerika Latin), dan Puerto Princea Underground River (Filipina).

Acara penetapan Pulau Komodo sebagai salah satu tujuh keajaiban dunia dilakukan di Taman Nasional Komodo dan disaksikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara, Ani Yudhoyono.

Hal Menarik yang Bisa Dilakukan di Kawasan Wisata Pulau Komodo
Ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan kala berkunjung ke objek wisata ini. Berikut adalah 5 perihal menarik yang perlu kamu coba.

1. Melihat Komodo berasal dari Dekat

Salah satu target utama kala berkunjung ke tempat ini tak lain adalah lihat hewan yang dilindungi di Taman Nasional Komodo secara langsung berasal dari dekat. Komodo udah tempati pulau ini sejak 40 juta th. yang lalu.

Di tempat wisata ini, kamu bisa menjumpai kadal raksasa dengan panjang pada 2 – 3 mtr. dan berat meraih 165 kg. Saat melihatnya secara langsung, kamu perlu ditemani oleh pawang atau yang dikenal termasuk dengan tim ranger.

Mereka bertugas untuk memandu perjalanan para wisatawan yang mendambakan lihat komodo berasal dari dekat sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Namun, untuk meraih tempat habitat hewan purba ini, pengunjung perlu mendaki Gunung Ara terutama pernah dengan saat tempuh 3 – 4 jam.

Tapi tak perlu khawatir, karena untuk menjangkaunya udah tersedia trek pendakian untuk memudahkan pengunjung sampai di lokasi.

Ada satu kembali tempat yang mudah dijangkau untuk lihat kadal raksasa ini secara langsung, yakni di Loh Buaya yang terdapat di kawasan Pulau Rinca.

Loh Buaya termasuk merupakan pusat persebaran hewan komodo. Untuk menuju ke pulau ini, pengunjung bisa naik kapal berasal dari Labuan Bajo dengan saat tempuh kira-kira dua jam.

Saat berkeliling di Loh Buaya, pengunjung dapat ditemani oleh pemandu wisata sekaligus pawang. Selain lihat komodo, pengunjung termasuk bisa mendaki bukit atau bersantai di tepi pantai dan nikmati panorama khas laut yang mengagumkan.

2. Berbaur dengan Warga Setempat di Kampung Wisata Komodo

Satu perihal menarik yang bisa dilakukan saat berkunjung ke kawasan ini adalah lihat aktivitas keseharian berasal dari masyarakat asli Pulau Komodo. Mereka tinggal di sebuah desa yang bernama Desa Komodo.

Desa ini terdapat di bagian terluar Kabupaten Manggarai Barat yang dihuni oleh lebih berasal dari 1.700 orang. Di sini, kamu bisa lihat aktivitas warga seperti menyebabkan patung komodo yang dapat dijual sebagai oleh-oleh untuk para wisatawan.

Satu aktivitas unik lainnya adalah keyakinan bahwa konon mereka bisa bercengkerama dengan si kadal raksasa. Kamu bisa membuktikannya sendiri kala berkunjung ke desa wisata ini.

3. Snorkeling di Pulau Kelor

Selain lihat kadal raksasa, kamu termasuk bisa berkunjung ke destinasi yang memadai tenar untuk jalankan aktivitas snorkeling, yakni di Pulau Kelor.

Di tempat ini, kamu berkesempatan untuk nikmati pesona bawah laut yang memiliki kira-kira 260 jenis karang dan ribuan jenis ikan.

Lokasinya sendiri memadai mudah dijangkau, hanya berjarak kira-kira satu jam berasal dari Labuan Bajo. Pemandangannya pun tak kalah eksotis dibandingkan pulau-pulau lain di sekitarnya.

4. Menyaksikan Kelelawar di Pulau Kalong

Hal menarik yang bisa dilakukan di objek wisata Pulau Komodo salah satunya adalah lihat barisan kelelawar yang terbang berbondong-bondong. Untuk nikmati panorama unik ini, kamu bisa menyewa kapal menuju ke Pulau Kalong.

Pada saat matahari terasa tenggelam, ribuan kelelawar yang beristirahat terhadap siang hari dapat berhamburan terlihat menghiasi langit Pulau Kalong. Kamu bisa mengabadikan momen fantastis ini berasal dari atas kapal sewaan.

Dan terhadap keesokan harinya, tepatnya saat matahari terbit, kamu bisa lihat kembali ribuan kelelawar selanjutnya terbang pulang ke pulau setelah melacak makan.

5. Menikmati Sunrise dan Sunset di Pulau Kanawa

Di kawasan Pulau Kanawa ini tersedia sebagian resort yang bisa dikunjungi para wisatawan. Dengan ongkos kira-kira Rp200.000/orang kamu udah bisa menyewa resort ini untuk beristirahat sambil nikmati keindahan Pulau Kanawa.

Selain snorkeling, tersedia aktivitas yang tak kalah menarik yakni menaiki bukit di Pulau Kanawa untuk lihat keindahan sunrise maupun sunset. Tempat ini termasuk kerap menjadi spot foto andalan para wisatawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *