Wisata kota Jayapura Danau Sentani Yang Sejuk Dan Segar

Wisata kota Jayapura Danau Sentani Yang Sejuk Dan Segar

Saat terbang di atas kota Jayapura dari pesawat akan terlihat sebuah danau luas yang terlihat amat cantik dengan bukit-bukit hijau di sekitarnya. Ini adalah Danau Sentani, danau yang tak cuma dijadikan sebagai sumber air tapi termasuk dimanfaatkan sebagai daerah wisata di Jayapura.

Wisata kota Jayapura Danau Sentani Yang Sejuk Dan Segar

Menjadi salah satu wisata yang tersohor di Jayapura,Pasang Bola Danau Sentani punyai banyak keunikan jikalau dibandingkan dengan wisata lainnya di ibukota Papua tersebut. Salah satu keunikan danau ini adalah punyai 22 pulau yang tersebar di sekitaran danau. Tak kalah cantik dari Raja Ampat.

Keunikan lain dari Danau Sentani ini adalah:

Danau Sentani dihuni oleh 30 jenis spesies ikan tawar, bahkan empat di antaranya spesies endemik

Danau seluas 9.360 hektar dan berada di ketinggian 75 mdpl ini mempunyai sumber daya alam yang kaya. Di antaranya adalah 30 spesies ikan air tawar yang hidup di di dalam danau ini. Empat dari 30 spesies ini bahkan merupakan spesies endemik yang cuma ada di Sentani. Keempat spesies tersebut adalah ikan gabus Danau Sentani (Oxyeleotris heterodon), ikan pelangi Sentani (Chilatherina sentaniensis), ikan pelangi merah (Glossolepis incisus) dan hiu gergaji (Pristis microdon).

Memiliki Bukit Teletubbies yang hijau dan asri

Masih ingat dengan serial anak-anak berjudul Teletubbies? Dalam serial ini kerap dimunculkan perbukitan hijau yang bergelombang. Bukan cuma ada di serial tv saja, Bukit Teletubbies ini ternyata ada di Danau Sentani. Di kira-kira danau ini terdapat bukit hijau nan asri yang bergelombang, mirip sekali dengan yang ada di dalam serial tv tersebut.

Ada dua cara untuk menikmati keindahan Bukit Teletubbies ini dari kejauhan. Pertama adalah sementara wisatawan naik pesawat. Jika duduk di pinggir jendela maka secara otomatis akan menyaksikan pemandangan cantik bukit ini. Kedua adalah dengan naik ke ke Tugu MacArthur. Tempat ini berada di Pegunungan Cyclop, Komplek Rindam Jaya Kodam 8 Trikora, markas TNI.

Setiap bulan Juni senantiasa digelar Festival Danau Sentani

Festival Danau Sentani diisi dengan tarian-tarian rutinitas di atas perahu, tarian perang khas Papua, upacara rutinitas seperti penobatan Ondoafi, dan sajian beragam kuliner khas Papua. Festival ini diikuti oleh semua paguyuban di wilayah Kabupaten dan Kota Jayapura. Selain untuk melestarikan budaya, festival ini merupakan bukti pemeliharaan persatuan di tanah papua, di mana kerap berlangsung bentrok sebab beragam masalah perbedaan.

Festival ini memadukan suguhan alam dan budaya asli wilayah Tabi, yang didiami oleh 16 subsuku. Festival Danau Sentani digelar tiap-tiap bulan Juni tiap tahunnya. Jadi jikalau mengidamkan menyaksikan keseruan festival ini, maka cobalah untuk singgah ke Sentani Jayapura bulan Juni nanti.

Makna di balik nama Sentani

Makna di balik nama Sentani sanggup dibilang jadi sebuah harapan bagi masyarakat Papua secara khusus, dan Indonesia secara umum. Nama Sentani punyai arti “di sini kami tinggal dengan damai”. Nama ini disematkan terhadap danau cantik ini pertama kali oleh seorang Pendeta Kristen BL Bin terhadap th. 1898.

Makna yang tersimpan di balik nama Sentani sebetulnya mempunyai pesan kedamaian yang seharusnya sanggup diterapkan di dalam semua bidang kehidupan. Baik di Papua maupun di Indonesia.

Memiliki 22 pulau yang tersebar di kira-kira danau

Seperti yang telah disebutkan di atas, Danau Sentani Jayapura punyai 22 pulau kecil yang tersebar di sekitaran danau. Beberapa pulau ini bahkan termasuk dimanfaatkan denagai destinasi wisata Jayapura. Salah satu yang paling terkenal adalah Pulau Asei, pulau yang dipercaya sebagai bagian tubuh naga. Bahkan masyarakat lokalnya percaya bahwa mereka merupakan keturunan leluhur yang menunggangi naga tersebut.

Lukisan kulit kayu merupakan salah satu yang khas dari Asei. Kesenian ini merupakan kesenian asli warga Asei dan telah tersohor di semua penjuru Indonesia bahkan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *