Wisata Pulau Rinca Hadirkan Komodo 2020

Wisata Pulau Rinca Hadirkan Komodo 2020

Proyek pembangunan wisata alam di Taman Nasional Komodo jalan terus. Ada 15 komodo yang terpantau di lokasi proyek di Loh Buaya, Pulau Rinca.

“Setidaknya terkandung 15 individu komodo yang sering keluar di lebih kurang lokasi berasal dari keseluruhan 60 individu komodo yang hidup di lembah Loh Buaya di Pulau Rinca,” kata Kepala Balai Taman Nasional Komodo, Lukita Awang Nistyantara, dalam surat pengumumannya, diamati detikcom, Senin (26/10/2020).

Surat tertanggal 25 Oktober 2020 itu didapatkan detikcom berasal dari Direktur Jenderal Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KSDAE KLHK), Wiratno.

Sebanyak 15 ekor berasal dari 60 ekor komodo yang tersedia di lembah Loh Buaya, Pulau Rinca, Nusa Tenggara Timur, itu terpantau saat pembangunan sarana dan prasarana wisata alam di Resor Loh Buaya berlangsung. Lokasi pembangunan berada di dermaga, pusat Info wisatawan, jalan jerambah, dan penginapan ranger dan juga naturalist guide. Keselamatan satwa komodo diutamakan.

“Briefing harian secara terus menerus dilakukan oleh petugas, pekerja maupun pengawas pembangunan untuk menahan terjadinya kecelakaan kerja yang dapat berdampak negatif pada keselamatan satwa, terutama satwa komodo,” kata Lukita.

Sebelumnya, tersedia foto yang viral beredar di tempat sosial berisi gambar seekor komodo berhadap-hadapan dengan truk. Lokasi foto itu disebut berada di Pulau Rinca, keliru satu pulau di kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *