Wisata Religi Di Makam Sunan Drajat Lamongan

Wisata Religi Di Makam Sunan Drajat Lamongan  – Sunan Drajat adalah keliru satu dari Walisongo yang menyebarkan siar Islam di Pulau Jawa. Makam Sunan Drajat berada di Desa Drajat, Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan dan jadi keliru satu obyek kesibukan Wisata religi.

Sunan Drajat adalah putra dari Sunan Ampel dan diperkirakan lahir terhadap th. 1470 masehi. Nama kecilnya adalah Raden Qasim, yang mendapat gelar Raden Syarifudin.

Sunan Drajat mendirikan pesantren Dalem Duwur di desa Drajat, Paciran,Pasang Bola Kabupaten Lamongan. Daerah ini diberikan oleh kerajaan Demak. Beliau juga diberi gelar sebagai Sunan Mayang Madu oleh Raden Patah terhadap th. saka 1442/1520 masehi

Dalam hidupnya, Sunan Drajat dikenal bersama dengan filosofi dan jiwa kepedulian sosialnya terhadap warga yang tidak mampu.Filosofi Sunan Drajat didalam pengentasan kemiskinan itu terabadikan didalam sap Tangga ke tujuh dari tataran kompleks Makam Sunan Drajat dan Relief kayu yang di cungkup Makam.

Sunan Drajat juga dikenal sebagai seorang Wali yang menyebabkan tembang ( lagu Jawa ) Mocopat yakni Pangkur yang dimainkan bersama dengan seperangkat Gamelan yang disebut Singo Meng­kok. Seperangkat gamelan Kuno Sunan Drajat itu kini tersimpan di Museum Sunan Drajat yang berada di kompleks makam Sunan Drajat.

Pada th. 1992dilakukan pemugaran Cungkup makam dan pembangu­nan Gapura Paduraksa serta pembangunan lagi Masjid Sunan Drajat . Sedangkan terhadap th. 1993-1994 ditunaikan pembenahan dan pembangunan Situs Makam Sunan Drajat yang dilanjutkan bersama dengan pembangunan pagar kayu berukir, renovasi paseban, bale rante serta Cungkup Sitinggil.

Sayang Pemugaran dan pembangunan lagi di kompleks makam Sunan Drajat ini justru terkesan merusak Keindahan dan keaslian web bersejarah makam Sunan Drajat.

Bila pernah jika dipandang dari kejauhan bangunan makam Sunan Drajat ini laksana Candi yang terbuat dari Batu andesit bersama dengan bentuknya yang Khas.

Tetapi kini pemandangan indah seperti itu telah berubah dan tertutupi oleh bangunan selasar yang terbuat dari kayu.

Di lebih kurang cungkup makam Sunan Drajat itu sendiri terkandung banyak makam kuno. Diantara makam kuno itulah , pengunjung bersama dengan bersila memanjatkan doa terhadap Sunan Drajat.

Sedangkan di bagian luar juga terkandung pemakaman umum warga yang dinaungi oleh Pepohonan yang besar dan rindang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *