Wisata Unik Magelang Kembangkan Kambing Etawa 2020

Wisata Unik Magelang Kembangkan Kambing Etawa 2020

Desa Ngargoretno di Magelang berhasil mengembangkan destinasi wisata edukasi perah susu kambing etawa. Wisatawan pun banyak yang datang ke desa ini.

Untuk menuju lokasi desa ini amat gampang sekali. Traveler direkomendasi memanfaatkan mobil khusus maupun sepeda motor. Bahkan, kadang-kadang tersedia juga pegowes yang datang di desa ini.

Terlebih saat ini ini, pengunjung yang datang dari luar kota untuk sampai lokasi bisa bersama pertolongan google maps.

Begitu sampai di lokasi, situasi alam pedesaan amat terasa. Keramahan warga pun nampak sekali. Kemudian, pemandangan alam pegunungan maupun udara pegunungan terasa. Selain edukasi perah susu kambing etawa, juga tawarkan paket wisata lainnya.

Divisi Pariwisata Desa Ngargoretno, Soim, menyatakan semua pengunjung yang datang di Desa Wisata Ngargoretno ditawarkan sejumlah pilihan paket berbeda. Pilihannya, antara lain perah susu kambing etawa, pengolahan kopi liar, kopi merah, memicu ramuan jamu, dan memicu gula semut.

“Seluruh pengunjung yang datang di wisata desa kami, kita tawarkan paket-paket yang tersedia di Desa Ngargoretno, Magelang layaknya perah susu kambing, terus kopi liar, kopi merah, buat ramuan jamu, buat gula semut dan sebagian kesibukan yang sebenarnya tersedia di Desa Ngargoretno,” kata Soim

Untuk edukasi, kata Soim, bagi pengunjung yang datang mendapatkan edukasi perah susu kambing etawa. Bahkan sebelum pandemi Corona, turis dari mancanegara pernah datang menuju Desa Ngargoretno antara lain dari Belanda, Perancis, China, Jepang dan negara-negara lainnya.

“Kalau yang sudah coba susu kambing nyaris sebagian tamu yang datang di desa wisata. Ada tamu dari turis mancanegara sebelum ada pandemi layaknya dari Belanda, Perancis, China, Jepang dan negara-negara lainnya,” ujarnya

Adapun untuk hari ini, katanya, kehadiran tamu dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Provinsi Kalimantan Selatan. Kedatangannya untuk lakukan belajar banding berkenaan pengelolaan desa wisata di Desa Ngargoretno.

“Hari ini, kita kehadiran tamu dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yang coba belajar banding pengelolaan desa wisata di DesaNgargoretno. Bagaimana, wisata desa bersama kearifan lokal,” tuturSoim.
Baca juga: Gunung Merapi Siaga, Wisata Jurang Jero di Magelang Ditutup

Adapun tamu yang datang hari ini, kata dia, sempat diberikan edukasi memerah susu kambing. Sedangkan kambing yang tersedia merupakan usaha ekonomi ternak warga yang sebenarnya sudah secara turun temurun ada.

“Kambing itu merupakan usaha ekonomi ternak warga yang sebenarnya sudah secara turun temurun ada, lantas seiring pertumbuhan wisata kita perkenalkan kepada tamu di dalam wujud edu wisata,” ujar dia.

“Bagaimana tamu bisa memerah kambing, lantas nikmati susu kambing hasil pemerahannya. Ini merupakan ikon wisata Desa Ngargoretno dan dikarenakan sebenarnya nyaris sebagian besar warga Desa Ngargoretno berbudaya kambing,” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *