Wisata Yogyakarta Yang Kian Memukau Warga Mancanegara

Wisata Yogyakarta Yang Kian Memukau Warga Mancanegara

Yogyakarta seakan tak pernah pudar. Destinasi wisata yang menawarkan panorama alam yang indah, tempat-tempat bersejarah, situs cagar budaya, aneka kuliner dan spot-spot instagramable banyak dijumpai di Daerah Istimewa.

Yogyakarta juga dikenal sebagai provinsi bersama dengan ongkos hidup tidak mahal dibandingkan kota-kota lainnya di Indonesia, supaya sejumlah tempat wisata di Yogya juga ongkos masuknya terbilang tidak mahal bahkan tersedia yang gratis.

Melansir dari instagram @liburan.dijogja, Senin (23/11/2020), tersebut 5 tempat wisata di Yogyakarta yang gratis tiket masuk

Situs Warungboto atau dikenal bersama dengan Pesanggrahan Rajawinangun adalah keliru satu bangunan cagar budaya yang merupakan tempat pemandian, dikarenakan di lokasi tersebut terkandung sebuah umbul atau sumber mata air. Situs ini terdapat di Jalan Veteran, Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Situs ini mulai dibangun terhadap masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono I dan dilanjutkan terhadap masa Sri Sultan Hamengkubuwono II terhadap th. 1785.

“Situs Warungboto mengalami proses pemugaran dan renovasi terhadap th. 2016,” tulis akun @liburan.dijogja.

Sekilas tipe arsitektur bangunan di sini sama bersama dengan Situs Taman Sari Yogyakarta. Kesamaan tersebut muncul dari dinding yang tidak tipis dan kokoh. Lorong beratap yang melengkung dan dua kolam yang berbentuk lingkaran bersama dengan sumber air ditengahnya.

Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul atau disingkat Alkid merupakan kawasan yang perlu dikunjungi selagi menyambangi kota Yogyakarta. Alkid jadi keliru satu obyek favorit wisatawan bahkan terhadap selagi malam hari. Gemerlap lampu berwarna-warni terhadap becak mini atau andong amat menarik dilihat.

Alun-Alun Kidul merupakan sebuah lapangan berumput yang berada di belakang Keraton Yogyakarta, tepatnya di Jalan Alun-Alun Kidul Patehan Kraton Yogyakarta. Di lokasi tersebut kondang bersama dengan ada 2 beringin kembar yang telah berusia ratusan tahun.

Terdapat mitos dan keyakinan masyarakat, jikalau tersedia seseorang yang mampu lewat pohon beringin kembar bersama dengan mata tertutup, maka permintaannya dapat dikabulkan.

Para wisatawan dan pengunjung mampu laksanakan bermacam macam aktivitas layaknya wisata kuliner di sepanjang jalan, bermain mobil kayuh, atau cuma hanya duduk bersantai.

Destinasi padang pasir ini telah kondang seantero Yogyakarta. Area bukit pasir yang unik dan indah tersebut menjadikan destinasi kondang untuk para pengagum fotografi dan bermain seluncur pasir.

ilustrasi

Gumuk Pasir Parangkusumo terdiri dari Pantai Parangkusumo dan Pantai Depok, tepatnya terdapat di Jalan Pantai Parangtritis RT 01, Grogol 10, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Gumuk pasir merupakan gundukan pasir yang terbentuk secara alami dan tetap menerus dalam rentang selagi yang lama. Tumpukan pasir ini berasal dari hasil erupsi Gunung Merapi yang endapannya terbawa oleh sungai-sungai yang bermuara di Pantai Selatan.

Gumuk pasir di sini dikenal unik dan istimewa, dikarenakan mampu berubah bentuk dan berganti tempat dikarenakan arus angin serta pengaruh alam sekitar. Pengunjung mampu menikmati bermacam macam aktivitas menarik layaknya sandboarding atau berfoto bersama dengan latar hamparan pasir yang luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *